EFEKTIVITAS DISKUSI KELOMPOK DAN PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENURUNKAN STRES MAHASISWA YANG SEDANG SKRIPSI

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untu mengetahui efektivitas diskusi kelompok dan pelatihan efikasi-diri untuk menurunkan tingkat stres menghadapi skripsi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang sedang mengerjakan skripsi. Terdapat 28 subyek penelitian yang kemudian  dibagai secara random untuk  masuk ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok eksperimen. Sembilan orang masuk dalam kelompok eksperimen dan  sembilan orang  sebagai kelompok kontrol. Eksperimen ini menggunakan  desain pre-post tes.
Proses eksperimen  diobervasi dan direkam menggunakan video tape. Data kemudian dinalasis secara kuantitif  dengan menggunakanj teknik anova satu jalur. Sedangkan analisis kualitatif  berdasarkan data laporan diri, obserevasi dan wawancara.
Hasil penelitian  menunjukkan 1) ada  perbedaan stres antara kelompok  pelatihan efikasi-diri dengan kelompok  kontrol (MD=-10,27, p<0,05). 2) Tidak ada perbedaan stres antara  diskusi kelompok dengan   kelompok kontrol   (MD=-3,67, p>0,05). 3) Tidak ada perbedaan antara stres antara kelompok pelatihan efikasi diri dengan kelompok diskusi (MD=-6,60, p>0,05). Skor mean kelompok pelatihan efikasi diri sebesar 81,40, dan  mean kelompok diskusi sebesar 88,00.
Kata Kunci: diskusi kelompok, pelatihan, efikasi diri, stress
Penulis: Faridah Ainur Rohmah
Kode Jurnal: jppsikoterapidd070001

Artikel Terkait :