MOTIVASI BERMAIN MASSIVELY MULTIPLAYER ONLINE ROLE-PLAYING GAMES (MMORPG) DAN PERILAKU ADIKSI PADA MAHASISWA PEMAIN DI JATINANGOR
Abstrak: Penelitian
korelasional ini untuk melihat
apakah terdapat hubungan
antara motivasi bermain MMORPG dengan
perilaku bermain MMORPG. Motivasi bermain
MMORPG diukur dengan menggunakan kuisioner
yang disusun berdasarkan
teori dari McClelland
(1987) dan variable perilaku adiksi MMORPG disusun
berdasarkan teori dari Brown (1993;1997). Data penelitian dioleh dengan
menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) v.15. Hasil
penelitian memperoleh koefisien korelasi
antara motivasi bermain
MMORPG dan perilaku
adiksi MMORPG pada taraf
kekeliruan 5% didapat: C = 0, 538. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari
nilai alpa 0,05 ,Bartinya terdapat hubungan
antara motivasi bermain
MMORPG dengan perilaku
adiksi MMORPG mahasiswa pemain
MMORPG di Jatinangor.
Kata kunci: Perilaku adiksi, Adiksi
MMORPG, Motivasi bermain
Penulis: Andhitia Rama
Kode Jurnal: jppsikologikepribadiandd080002