PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

ABSTRAK: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  prestasi  belajar mata pelajaran  akuntansi  siswa  kelas  X  SMK  Negeri  1  Banyudono  melalui  penerapan  model pembelajaran  kooperatif  tipe  Teams  Games  Tournament  (TGT)  dengan  media  permainan puzzle.  Penelitian  ini  merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Penelitian  dilaksanakan dalam  tiga  siklus  di  mana  masing-masing  siklus  dilalui  dengan  empat  tahapan,  yaitu  (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi. Sumber data diperoleh dari tempat, aktivitas, dan dokumen. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triagulasi, expert opinion, dan key respondent review. Analisa data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini terbukti dengan fakta-fakta bahwa prosentase prestasi belajar siswa pada pratindakan sebesar  29,41%,  siklus  I  meningkat  menjadi  71,43%,  siklus  II  meningkat  menjadi  93,94%, dan siklus III meningkat menjadi 100%.
Kata kunci: Prestasi belajar, Teams Games Tournament (TGT), Puzzle
Penulis: Herman Rudi Wicaksono
Kode Jurnal: jppendidikandd130010

Artikel Terkait :