Pengertian Produktivitas Kerja

Pengertian produktivitas kerja adalah sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang dan jasa) dengan masukan yang sebenarnya. Masukan sering diartikan sebagai masukan tenaga kerja, sedangkan keluaran di ukur dalam kesatuan fisik, bentuk dan nilai. Pada umumnya, seorang pegawai akan mengalami kepuasan kerja apabila mempunyai kebebasan dalam menentukan pekerjaan yang ingin dilakukan dengan cara yang diinginkannya. Demikian pula, peran serta dan keterlibatan diri tanpa paksaan akan meningkatkan motivasi kerja. Kesesuaian antara kebutuhan individual dan kebutuhan organisasi merupakan faktor yang penting untuk menunjang produktivitas kerja.
Produktivitas merupakan salah satu sumber daya bagi peningkatan ekonomi dasar dari peningkatan standar hidup karena dengan peningkatan produktivitas, dapat pula ditingkatkan keuntungan yang dicapai. Begitu pentingnya peranan produktivitas dalam pembangunan nasional sehingga banyak yang menegaskan bahwa pentingnya meningkatkan kualitas, bekerja efisien dan efektif sehingga mampu menciptakan produktivitas.
Produktivitas yang dimaksud oleh Dr. Winardi S.E mengemukakan bahwa:
“Productivity atau produktivitas yaitu jumlah hasil yang dicapai seseorang, yaitu unit faktor produktivitas lain dalam jangka waktu tertentu.
Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian mengatakan: “produktivitas masalah kemampuan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan keluaran (output) yang optimal bahkan kalau mungkin yang maksimal.
Sedangkan menurut Drs. Moedjiman yang mendefinisikan: “Produktivitas secara filosofi adalah suatu sikap mental yang selalu berusaha dan memandang bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari hasil kemarin dan mutu kehidupna sekarang harus lebih baik dari hari ini.
Produktivitas secara teknis adalah perbandingan antara hasil yang dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang dipergunakan. Produktivitas persial tenaga kerja atau yang lebih dikenal dengan produktivitas kerja adalah yang mengandung pengertian perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran tenaga per satuan waktu.”
Berdasarkan uraian diatas, dapat penulis simpulkan pengertian produktivitas kerja adalah jumlah hasil yang dicapai dari sarana dan prasarana yang tersedia (output) , dimana faktor produksi manusia yang dijadikan faktor pengukur (input) produktivitas dalam menentukan hasil yang dicapai dari jangka waktu tertentu.

Artikel Terkait :