HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN UPAYA PENANGANAN IBU DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI KELURAHAN GENUKSARI KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG

ABSTRAK: Kecemasan ibu menopause  sering  terjadi dengan terlihatnya rasa ketegangan, kebingungan  dan ketakutan dalam menghadapi perubahan fisik dan psikologis dalam menghadapi menopause. Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui tingkat pengetahuan  dan upaya ibu  tentang tingkat kecemasan dan mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan usaha dari ibu dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi menopause.
Penelitian  ini  menggunakan penelitian  kuantitatif dengan  metode penelitian  survey. Dan pendekatan menggunakan  studi cross  sectional dengan pengambilan  sampel proporsional  random  sampling dari banyak subyek dalam setiap subkelompok atau strata harus diketahui perbandingannya sebelumnya. Kemudian menentukan persentase ukuran  keseluruhan dari  populasi sampel. Sampel sejumlah  102 responden. Instrumen dengan kuesioner.
Kata Kunci: Pengetahuan, Upaya Pengobatan Ibu, Kecemasan dalam menghadapi menopause
Penulis: Fitriani Nur Damayanti
Kode Jurnal: jpkebidanandd120039

Artikel Terkait :