HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL BALITA UMUR 4-5 TAHUN DI KOTA SEMARANG

ABSTRAK: Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks  dalam  pola  yang  teratur  dan  dapat  diramalkan  sebagai  hasil  dari  proses  kematangan. Disini menyangkut adanya proses dideferensiasi dari sel-sel tubuh, organ-organ, dan sistem organ yang berkembang  sedemikian  rupa  hingga  masing-masing  dapat  memenuhi fungsinya,  termasuk juga  perkembangan  emosi, intelektual  dan  tingkah  laku  sosial  sebagai  hasil  interaksi  dengan lingkungan. Dari  hasil  survay  pendahuluan  yang  dilakukan  sekitar  15  ibu  menyatakan  tidak mengetahui tentang perkembangan anaknya sesuai dengan tahapan umur anaknya. Misal pada usia 3-6  tahun  anak  akan  senang  berjalan  jalan  sendiri  mengunjungi  tetangga,  belajar  memakai  dan membuka  baju  sendiri,  bicara  dengan  baik.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  tingkat  pengetahuan  ibu kurang begitu mengetahui tahapan perkembangan yang dialami oleh anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu sebagai variable in  dependen dengan  perkembangan  sosial  balita  umur  4-5  tahun  di  RA  Al-Iman  Sekaran Gunungpati Semarang sebagai variabel dependen.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian kompetensi  bidan  dalam  melaksanakan  pelayanan kebidanan pada balita dengan menggunakan rancangan cross sectional dan jenis penelitian survey analitik yang dilaksanakan pada bulan April 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang  mempunyai  balita  bersekolah  di  RA  Al  Iman  Banaran,  Gunungpati,  Semarang  Tahun  2009 yang berumur 4-5 tahun berjumlah 30 orang dan sampel 30 orang. Data  yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data diolah dengan langkah editing, skoring, coding, Entry dan Tabulating. Pada  analisa  secara  univariat  variabel  didistribusikan  sesuai  karakteristik  responden,  sedang pada analisa secara bivariat dengan uji uji Chi square dengan menggunakan program SPSS Versi 11,5.
Hasil  penelitian  ini  adalah Karakteristik  responden  yang  mempunyai  balita  usia  4-5  tahun  di RA Al-Iman Sekaran Gunungpati Semarang sebagian besar berumur 25-35 Tahun yaitu sebanyak 17  responden  (56,67  %),  berpendidikan  dasar  sebanyak  9  responden  (30%)  dan  sebagian  besar berprofesi  dibidang  swasta  yaitu  sebanyak  8  responden  (26,7%), sebagian  besar  responden memiliki  pengetahuan  yang  baik  yaitu  sebanyak  14  responden  (46,7%),  sebagian  besar perkembangan sosial balita masuk dalam tingkat perkembangan sosial yang tinggi yaitu sebanyak 11  balita  (36,7%).  dan  ada  hubungan  antara pengetahuan  ibu  dengan  perkembangan  sosial  balita dengan p-value sebesar 0,001.
Saran  yang  disampaikan  yaitu  kepadamasyarakat  khususnya  para  ibu  yang  mempunyai  anak balita supaya  lebih  memperhatikan  tahapan  perkembangan  balitanya  sehingga apabila  ditemukan keterlambatan  dalam  tumbuh  kembang  putranya  dapat  terdeteksi  lebih  dini  dan  dapat  dicari solusinya.
Kata Kunci: Pengetahuan ibu, Perkembangan sosial, Balita 4-5 tahun
Penulis: Ina Qoriah, Mardikaningsih
Kode Jurnal: jpkebidanandd110013

Artikel Terkait :