Manfaat ASI Eksklusif

Manfaat ASI ekslusif sangat besar, baik bagi bayi itu sendiri, ibu, keluarga dan bangsa. Berikut ini dijelaskan secara detail, manfaat ASI ekslusif.
Manfaat bagi bayi
ASI adalah makanan alamiah yang disediakan untuk bayi anda. Dengan komposisi nutrisi yang sesuai untuk perkembangan bayi sehat. ASI mudah dicerna oleh bayi. Jarang menyebabkan konstipasi. Nutrisi yang terkandung pada ASI sangat mudah diserap oleh bayi. ASI kaya akan antibodi (zat kekebalan tubuh) yang membantu tubuh bayi untuk melawan infeksi dan penyakit lainnya. ASI dapat mencegah karies karena mengandung mineral selenium. Dari suatu penelitian di Denmark menemukan bahwa bayi yang diberikan ASI sampai lebih dari 9 bulan akan menjadi dewasa yang lebih cerdas. Hal ini diduga karena ASI mengandung DHA/AA. Bayi yang diberikan ASI eksklusif sampai 4 bulan akan menurunkan resiko sakit jantung bila mereka dewasa. ASI juga menurunkan resiko diare, infeksi saluran nafas bagian bawah, infeksi saluran kencing, dan juga menurunkan resiko kematian bayi mendadak. Memberikan ASI juga membina ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi (Suradi, 2006).
Manfaat untuk ibu
Memberikan ASI segera setelah melahirkan akan meningkatkan kontraksi rahim, yang berarti mengurangi resiko perdarahan. Memberikan ASI juga membantu memperkecil ukuran rahim ke ukuran sebelum hamil. Menyusui (ASI) membakar kalori sehingga membantu penurunan berat badan lebih cepat. Beberapa ahli menyatakan bahwa terjadinya kanker payudara pada wanita menyusui sangat rendah. ASI lebih hemat waktu karena tidak usah menyiapkan dan mensterilkan botol susu, dot, dan sebagainya. ASI tidak akan basi. ASI selalu diproduksi payudara bila ASI telah kosong ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh ibu jadi ASI dalam payudara tidak pernah basi dan ibu tidak perlu memerah dan membuang ASInya selalu menyusui (Suradi, 2006). 
Untuk keluarga
Tidak perlu buang uang untuk membeli susu formula. Bayi sehat berarti keluarga mengeluarkan biaya lebih sedikit (hemat) dalam perawatan kesehatan. Penjarangan kelahiran karena efek kontrasepsi MAL dari ASI eksklusif. Memberikan ASI pada bayi (meneteki) berarti hemat tenaga bagi keluarga sebab ASI selalu siap sedia (Suradi, 2006).
Untuk masyarakat dan negara
Menghemat devisa negara karena tidak perlu menyimpan susu formula dan peralatan lain untuk persiapan. Bayi sehat membuat negara lebih sehat. Terjadi penghematan pada sektor kesehatan karena jumlah bayi sakit lebih sedikit. Memperbaiki kelangsungan hidup anak dengan menurunkan kematian. ASI adalah sumber daya yang terus-menerus diproduksi dan baru (Suradi, 2006). 

Artikel Terkait :