Pakan Lebah Madu

Pakan lebah madu sangat banyak dialam bebas. Bahan makanan utama lebah adalah nektar, tepungsari, dan air. Nektar merupakan sumber karbohidrat sedangkan tepungsari merupakan sumber protein (Ungerer 1985). Nektar adalah cairan manis yang dihasilkan oleh tanaman, biasanya baunya harum dan mengandung larutan gula yang kadarnya bervariasi (Pavord 1970).
Menurut Kasno (2001), tanaman pakan lebah merupakan tanaman/tumbuhan yang menghasilkan pangan bagi lebah madu. Dari definisi ini tersirat bahwa tidak semua tanaman/tumbuhan merupakan sumber pakan bagi lebah madu melainkan sebagian saja dari sekian puluh ribu jenis tanaman/tumbuhan.
Lebah akan mengunjungi bunga untuk mengumpulkan nektar dan polen. Mereka tertarik kepada bunga, dan mengenalnya dari warna, dan aroma (Free 1970). Selanjutnya menurut Kasno (2001), adapun ciri suatu tanaman sebagai tanaman pakan lebah antara lain:
  1. Adanya lebah-lebah yang datang, hinggap pada bagian tertentu (bunga atau bagian daun) dari tanaman untuk beberapa saat, biasanya dari suatu bagian pindah ke bagian yang lain, kemudian pergi meninggalkan lokasi. Jumlah lebah yang datang ke tanaman dan pergi meninggalkannya lebih dari beberapa ekor, makin banyak memberikan indikasi yang kuat bahwa tanaman yang bersangkutan adalah tanaman pakan lebah.
  2. Jika dapat mengamati lebih dekat pada lebah yang sedang hinggap atau akan meninggalkan tanaman dapat terlihat pada bagian kaki belakang (kantong polen) adanya muatan yang warnanya biasanya bukan hitam.
  3. Jika dapat melihat dari dekat pada bagian bunga yang sedang mekar adanya cairan pada salah satu bagian yang membasahi atau menggenang dan jika dicoba untuk dirasakan terasa manis.
  4. Adanya semut-semut pada bagian bunga atau daun beraktivitas makan cairan manis.
Dari hutan pegunungan di Indonesia lebah madu dapat memanfaatkan jenis-jenis tumbuhan dari suku Mimosaceae dan Ericaceae. Sedangkan pakan yang sering terdapat dipekarangan adalah tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, bunga-bungaan. Tanaman – tanaman tersebut telah tercatat sebagai tanaman pakan lebah yang baik bunganya tampak dikunjungi oleh lebah madu, tersedia dalam jumlah banyak serta tanaman tersebut mudah ditanam di pekarangan (Noerdjito 1986).

Artikel Terkait :