PERBEDAAN MADU TERNAK DAN MADU HUTAN

Terdapat beberapa perbedaan madu ternak dan madu hutan. Walaupun keduanya sama-sama menghasilkan madu, tetapi dapat dilihat perbedaannya. Perbedaan madu ternak dan madu hutan diliha dari jeni lebah penghasil madunya, perlakuan dan kadar air dalam madu.
Dari sumber Anonim ( 2007) disebutkan bahwa perbdaan madu ternak dan madu hutan diantaranya adalah:
Jenis lebah
Lebah madu hutan dari jenis Apis dorsata sedangkan madu ternak dari jenis Apis cerana atau Apis melifera. Sehingga jenis sarang yang dihasilkan juga berbeda. Sarang tersebut menempati jenis tanaman yang berbeda, sehingga nektar yang akan dihisap oleh lebah juga akan berbeda. Jenis nektar yang berbeda tersebut pada akhirnya akan memberikan perbedaan rasa dan warna madu yang mereka hasilkan.
Perlakuan
Madu hutan didapat dari jenis lebah liar yang sampai saat ini belum bisa ditangkarkan, sedangkan madu ternak berasal dari madu yang telah ditangkarkan.
Kadar air
Karena lebah hutan membuat sarang di tempat terbuka (batang pohon, batu karang), sehingga sarang lebah hutan lebih terpengaruh oleh perubahan musim dibanding sarang lebah ternak yang berada di dalam kotak. Kadar air madu hutan sekitar 24% sedangkan kadar air madu ternak sekitar 21%.

Artikel Terkait :