GEJALA-GEJALA SERANGAN JANTUNG

Tahukah anda gejala-gejala serangan jantung? Penyakit jantung masih merupakan pembunuh No 1 di Indonesia bahkan di dunia. Mengapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah banyak para penderita sakit jantung yang mengabaikan gejela-gejala penyakit jantung. Hal ini bisa dimaklumi mengingat tidak banyak orang yang tahu seperti apa ciri-ciri dan gejala serangan jantung. Namun tentu saja hal seperti tidak boleh dibiarkan.
Jantung merupakan salah satu organ vital yang penting untuk dijaga kesehatannya. Mereka yang mengalami atau menderita penyakit jantung, umumnya disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen ke jantung, sehingga jantung tak berfungsi dengan baik.
Mengingat bahaya penyakit jantung yang mengancam kehidupan, mencegah atau mengurangi resiko penyakit jantung adalah cara yang terbaik, selain dengan menjaga pola makan dan olah raga teratur, mengkonsumsi suplemen herbal sangat membantu.
Berikut ciri-ciri dan gejala-gejala serangan jantung :
Gangguan tidur
Gelisah dan ketidakmampuan untuk benar-benar tertidur lelap bisa menjadi gejala serangan jantung. Gejala ini juga dilengkapi dengan kelelahan di siang hari, yang dapat menjadi tanda serangan jantung.
Berkeringat dingin saat malam
Bangun di tengah malam dengan bercucuran keringat dingin dapat menunjukkan gejala serangan jantung. Juga, perhatikan jika Anda bangun tiba-tiba dan lalu segera berkeringat. Banyak serangan jantung terjadi saat bangun karena pelepasan biokimia ke dalam aliran darah. Beberapa keringat saat tidur tidak selalu menunjuk masalah jantung, namun hati-hati, jika Anda sering mengalami keringat dingin saat malam.
Nyeri dada
Nyeri dada adalah gejala yang paling mudah dikenali dari infark miokard, tetapi bukan yang paling umum. Sesak napas, nyeri di dada, dan rasa sakit yang luar biasa tajam bisa terjadi dalam tidur atau segera setelah bangun. Nyeri dada ringan mungkin yang paling berbahaya dari semua ini, karena orang-orang sering mengabaikan gejala tersebut. Dokter menyebutnya serangan jantung dengan gejala ringan.
Nyeri tubuh
Beberapa pasien serangan jantung bangun dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada lengan, leher, perut, dan punggung. Gejala ini datang dan pergi.
Berkeringat
Biasanya seseorang berkeringat usai berolahraga atau waktu cuaca panas. tetapi bila anda gampang berkeringat, walau tidak lakukan apa pun, kemungkinan jantung anda punya masalah.
Sakit kepala
Ciri Ciri Sakit Jantung lainnya Mereka yang mempunyai problem pada jantung, dapat rasakan sakit kepala waktu terkena tuturan sinar. ini punya pengaruh pada denyut jantung, tak tahu itu berdenyut lebih lambat atau lebih cepat.
Terlebih pada wanita yang kerap alami migren atau masalah visual, sekurang-kurangnya 2 x dalam sebulan, butuh waspada. mungkin saja ini merupakan tanda-tanda perubahan penyakit jantung. demikianlah menurut studi yang diterbitkan American Academy Of Neurology. Menurut peneliti, ini berlangsung dikarenakan penyimpangan sirkulasi darah yang mengakibatkan sakit kepala kronis.
Denyut jantung tidak teratur
Bila anda alami denyut jantung tidak teratur, ini pantas diwaspadai dikarenakan bisa menyebabkan fatal. denyut jantung tidak teratur biasanya berlangsung dikarenakan ada penebalan otot pada katup jantung. perihal ini mengakibatkan berlangsung penyempitan pada katup hingga mengakibatkan kebocoran.
Sesak napas
Ciri Ciri Sakit Jantung lainnya adalah Sesak napas dikarenakan penebalan pembuluh darah yang menghalangi pasokan darah ke seluruh tubuh. ini juga menyebabkan pada denyut jantung yang tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi, penebalan otot jantung, dan kelainan pada katup jantung.
Pembengkakan
Pembengkakan berlangsung saat cairan menumpuk didalam tubuh. biasanya berlangsung di bagian pergelangan kaki serta perut. tanda-tanda ini merupakan sinyal bahwa jantung tengah alami kecacatan dan ada kelainan pada katup jantung.
Ciri-ciri dan gejala- gejala serangan jantung di atas disebut juga dengan:
  • Angina - Adalah rasa nyeri atau ditekan di bagian dada.
  • Aritmia - Adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kondisi berupa gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi (denyut jantung yang abnormal).
Angina dan aritmia disebabkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke otot jantung. Biasanya diikuti oleh gejala lain seperti pusing, letih yang berkepanjangan, mual, berkeringat dingin, dan sesak nafas.
Gejala-gejala tersebut dapat menjadi peringatan awal akan resiko serangan jantung. Sayangnya, mereka yang mengalami gejala-gejala tersebut sering kali menganggapnya sebagai masuk angin biasa, inilah yang sering membuat pertolongan pertama menjadi terlambat dan sangat merugikan akibatnya.

Artikel Terkait :