JENIS-JENIS KAWAT GIGI

Ada beberapa Jenis-jenis kawat gigi. Memperindah senyuman dapat dilakukan melalui berbagai cara salah satunya merapikan susunan gigi. Merapikan susunan gigi umumnya dilakukan melalui pemasangan kawat gigi. Bagi anda yang berminat memasang kawat gigi ada beberapa pertimbangan yaitu pertama memilih kawat gigi apa yang tepat untuk anda. Biasanya dokter gigi akan melihat dulu masalah struktur gigi anda kemudian menentukan diperlukan pencabutan gigi atau tidak. Pencabutan gigi dilakukan biasanya gigi di samping gigi taring atau gigi bungsu. Kemudian kedua pertimbangan biaya, biasanya dokter gigi yang memiliki keahlian khusus orthodonty atau mengambil spesialisasi orthodonty meneantukan harga lebih mahal daripada dokter gigi biasa. Biaya juga dipengaruhi dari jenis kawat gigi.
Selain senyum yang indah dan meningkatkan kepercayaan diri anda, gigi yang rapi mudah dibersihkan karena sisa sisa makanan tidak mudah terperangkap. Lebih mudah dirawat karena sikat gigi atau floss gigi dapat menjangjau setiap sela dan permukaannya dengan baik. Kesehatan gigi mempengaruhi kesehatan organ tubuh yang lain.
Kawat Gigi Cekat/ Fixed orthodontic braces
Merupakan kawat gigi yang umum digunakan oleh dokter gigi untuk merapikan gigi. Jenis ini adalah jenis yang konvensional, dengan cara kawat metal dihubungkan dengan bracket yang direkatkan di permukaan depan gigi anda. Waktu yang dibutuhkan sampai gigi rapi bervariasi rata rata antara 12 bulan sampai 2 tahun.Dalam metode ini digunakan karet orthodontic berwarna warni dan ada juga yang berbentuk mickey mouse. Harganya rata rata antara 4 sampai dengan 12 juta rupiah. Setelah dilepas masih diperlukan lagi penggunaan retainer (penahan gigi) selama setahun agar bentuk gigi yang rapi tidak berubah dan permanen.
Kawat gigi cekat ada yang mini. Hal ini berpengaruh pada kenyamanan dan estetika. Kemudian untuk yang tidak suka kawat giginya terlihat dapat menggunakan jenis keramik yang sewarna gigi atau saphire yang transparan. Harganya tentu saja lebih tinggi.
Lingual bracket dari Prancis
Kawat gigi lingual ini tidak membuat mulut tampak maju karena dipasang di gigi bagian dalam. Secara estetika, kawat gigi ini tidak hanya membuat mulut tampak normal, saat membuat mulut, gigi pun tidak akan terlihat seperti memakai behel karena letaknya yang tersembunyi.
“Kalau memakai kawat gigi lingual, mulut bisa tidak terlihat monyong," ujar Citra Gemaradhita, dokter gigi di Citra Beauty Center Dental Care saat ditemui wolipop di tempat prakteknya kawasan Jl. Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Dengan segala kelebihannya, tentunya ada kekurangan dari lingual bracket ini. Kekurangannya adalah gigi menjadi lebih sulit dibersihkan, sehingga menurut drg. Citra saat pembersihan harus lebih ekstra teliti.
Pengerjaan yang sulit, membuat pemasangan lingual bracket ini cukup mahal. "Harganya mulai dari Rp 12 jutaan," ujar drg Citra.
Invisalign / lepasan
Invisalign menggunakan teknologi baru untuk meratakan gigi tanpa menggunakan bracket tradisional. Ini adalah serangkaian aligners yang berubah setiap dua minggu secara bertahap menggeser gigi anda.  Aligner adalah cetakan seperti retainer yang dapat di lepas pasang. Manfaat menggunakan kawat gigi jenis ini dapat di pergunakan sesuka hati anda sedangkan kekurangan nya yaitu proses perataan gigi menjadi lebih lama ketimbang kawat gigi cekat yang tidak bisa dilepas pasang selain dengan dokter gigi. Perawatan ini biasa nya untuk kasus yang masih dalam tahap ringan.
Inman Aligner / Metode gabungan invisalign dan kawat gigi
Metode ini memerlukan sekali pemasangan saja. Selintas mirip seperti retainer. Bentuk alatnya kawat gigi yang dipasang di belakang dengan tambahan plastik di depan sesuai cetakan gigi. Biayanya jauh lebih murah dari invisalign namun jarang digunakan oleh dokter gigi di Indonesia. Dapat dicopot saat makan dan sikat gigi dan pemasangan minimal 20 jam sehari. Waktu perawatan sekitar 6 sampai 16 minggu, bila digunakan sesuai petunjuk dokter. Secara estetik tidak seperti invisalign yang benar benar tidak tampak tapi juga tidak sejelas pemakaian kawat gigi cekat biasa karena dapat dilepas. Memang menguntungkan dilihat dari biaya dan waktu perawatan yang dibutuhkan, namun ukuran kawat yang dipakai di bagian dalam gigi membuat pemakainya merasa kurang nyaman saat makan atau berbicara. Selain itu pergerakan gigi yang dihasilkan dari penggunaan inman aligner terbatas jadi tidak semua kasus gigi tidak rapi dapat menggunakan metode ini. Sama seperti Invisalign tidak semua dokter gigi di Indonesia menawarkan metode ini.
Ceramic Braces
Ceramic Braces pertama kali di populerkan oleh aktor Tom Cruise. Jenis ini hampir sewarna dengan warna gigi sehingga tidak tampak terlihat kecuali lengkungan kawat yang melingkari gigi. Jenis ini juga pada umum nya tidak menimbulkan noda meskipun anda menyantap makanan-makanan yang meninggalkan warna di gigi seperti saus tomat, anggur merah bahkan kari. Harga pasang behel jenis Keramik sedikit agak lebih mahal daripada metal bracket biasa, jangka waktu pemakain sama dengan Metal Bracket Tradisional yaitu dua tahunan.
Damon Brackets
Di kenal dalam bahasa Orthodonti sebagai “self-litigating braces”. Jenis ini menggunakan bracket dengan penutup dan pembuka engsel. Ini berarti selama perawatan ortho perubahan gigi tergantung pada kabel bukan pada pengetatan karet. Pilihan jenis ini bekerja lebih cepat daripada metal bracket biasa. Keuntungan nya menggunakan bracket jenis Damon lengkungan timah terlihat samar-samar sedangkan untuk harga masih termasuk tinggi, antara 8jt s.d 10jt
Porcelain Veener
Dapat juga dikatakan perapihan gigi instan. Sebenarnya tidak benar benar merapikan struktur gigi namun lebih kepada penempelan sejenis bahan komposit untuk memanipulasi penampakan gigi depan agar terlihat rapi. Seperti pemasangan kuku palsu pada kuku anda yang bentuknya kurang rapi. Umumnya digunakan pada gigi yang renggang, namun sulit diterapkan pada gigi yang berdesakan. Berikut link-nya dalam bahasa Inggris. Bahan tempelan gigi ini dapat bertahan sekitar 5 sampai 10 tahun.
7. 6 months smile/ Perawatan 6 Bulan untuk Gigi yang Tampak saat Tersenyum
Perawatan kawat gigi yang difokuskan hanya pada gigi depan. Waktu yang diperlukan sekitar 1 sampai 2 tahun dapat disingkat menjadi 6 bulan saja. Namun penggunaan metode ini tidak memperbaiki struktur gigi atau cara mengunyah anda.
Metode ini jarang ditawarkan oleh doker gigi di Indonesia
Traditional Metal Braces
Traditional Metal Braces menggunakan bracket perak. Inilah jenis yang umum di pakai orang. Perawatan kawat gigi jenis ini mengharuskan anda melakukan kontrol rutin bulanan guna mengganti karet dengan yang baru, membersihkan dll. Perawatan ini membutuhkan waktu minimal dua tahun.
Retainer
Bukanlah perawatan keperapihan gigi yang utama melainkan kawat gigi disponsable atau dapat dicopot setelah perawatan kawat gigi. Biasanya dipakai sekitar setahun setelah kawat gigi dicopot. Ada yang transparan juga. Harga sekitar 1 sampai 2 juta rupiah. Seringkali sudah satu paket dengan biaya perawatan gigi konvensional. Gunanya untuk mempertahankan susunan gigi yang sudah terbentuk rapi. Retainer ini penting agar bentuk gigi rapi yang dihasilkan permanen dan tidak berubah.
Untuk Anda yang tertarik memakai kawat gigi namun tetap ingin memperhatikan penampilan, lebih baik memilih behel yang juga bisa membuat gigi tampak sedikit normal. Misalnya saja dengan menggunakan jenis behel transparan yang terbuat dari porselen, keramik dan safir. Hanya saja kawat gigi transparan ini berisiko pecah. Namun jika Anda tetap tertarik, behel safir bisa menjadi alternatif.

Artikel Terkait :