KANDUNGAN BUAH PIR

Kandungan buah pir terdiri dari beberapa zat yang sangat berguna bagi tubuh. Di dalam buah pir terkandung zat-zat diantaranya air, karbohidrat, protein, serat, dan sedikit lemak.26 Serat yang terkandung dalam buah pir mencegah terjadinya konstipasi dan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Diet dengan tinggi serat berhubungan dengan penurunan resiko kanker kolon.
Selain itu, kandungan dalam pir kaya akan berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, B1, B2, C, E, K, niasin, asam pantotenat, folacin.26Kandungan vitamin C dan E yang merupakan zat antioksidan cukup tinggi dalam buah pir dapat membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas.  Beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, copper ,besi, sodium, dan potassium juga ditemukan sebagai kandungan dari buah pir. Copper juga merupakan antioksidan membantu melindungi tubuh dari SOD (super oxide dismutase), suatu enzim yang menyingkirkan radikal superoksid. Intake copper yang cukup juga mengurangi resiko terjadinya kanker kolon.
Menurut penelitian Brennan T, buah pir mengandung hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida berperan dalam proses oksidasi yang menginisiasi proses pematangan buah. Peningkatan kandungan hidrogen peroksida dalam jaringan buah, akan mempercepat proses pematangan buah tersebut. Pembentukan hidrogen peroksida dalam buah pir dibentuk oleh isolated mitocondria dan chloroplast. Di dalam 100 mg jaringan buah pir, terdapat sekitar 2 gram hydrogen peroksida saat pemasakan dimulai dan akan meningkat seiring dengan pematangan buah tersebut.
Hidrogen peroksida tersebut diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pemutih termasuk gigi melalui radikal bebas reaktif yang dihasilkannya. Radikal bebas berupa oksigen murni dapat merusak ikatan-ikatan konjugasi pada molekul zat warna pada noda yang menumpuk baik pada enamel dan dentin. Dengan perusakan ikatan konjugasi, molekul zat warna menjadi molekul yang lebih kecil dan sedikit berpigmen. Hal ini yang menyebabkan perubahan warna gigi menjadi lebih putih.

Artikel Terkait :