MACAM-MACAM MAKANAN PENYEBAB SULIT TIDUR

Ada beberapa macam-macam Makanan Penyebab Sulit Tidur. Apakah anda termasuk orang yang sulit tidur? Coba telusuri makan apa Anda sebelumnya. Bisa jadi satu atau beberapa dari makanan di bawah ini. Menurut para ahli nutrisi seperti dilansir Fox News, ada 10 makanan yang harus dihindari sebelum tidur.
Ice cream. Makanan yang satu ini mengandung gula tinggi dan kandungan susu. Menurut penelitian, makan yang manis-manis sebelum tidur dapat berakibat mimpi buruk. Gula juga meningkatkan energi dan membuat tubuh selalu ingin bergerak. Sementara susu mengandung lemak tinggi, yang harus Anda bakar sebelum tidur. Terus, kapan tidurnya ya? So, makanan yang satu ini terlalu berbahaya untuk disantap sebelum tidur.
Selederi. Pada prinsipnya, seledri baik untuk kesehatan tubuh. Bahayanya, selederi adalah jenis sayuran diuretik, alias membuat kita ke belakang terus untuk buang air kecil. Memakan sayuran yang satu ini akan membuat tidur kita tak nyenyak.
Pasta. Sajian yang satu ini mengandung karbohidrat tinggi, yang kalau setelah memakannya langsung dibawa tidur, akan membentuk lipatan lemak dan tubuh. Selain itu, pasta punya indeks glycemic tinggi, membuat tingkat gula darah tak stabil, efeknya membuat tidur tak lelap.
Pizza. Mengandung tepung dengan kandungan karbohidrat tinggi, belum lagi topping-nya. Kalau pun vegetarian pasti ada siraman keju dan saus tomat. Sementara, selama tidur, sama seperti bagian tubuh lain, perut juga perlu istirahat. Jika dimasukkan makanan sejenis ini, perut bekerja keras sepanjang malam, membuat tidur terganggu.
Permen. Penelitian dilakukan untuk melihat efek permen pada orang dewasa. Kesimpulannya, 7 dari 10 orang yang makan junkfood mengandung permen, cenderung mengalami mimpi buruk saat tidur. Ini berkaitan dengan kandungan gula pada permen, yang mempengaruhi gelombang otak. Selain itu kandungan gulanya juga tak baik untuk gigi. Hindari jenis makanan yang mengandung permen bila ingin tidur Anda nyenyak.
Sereal. Rasanya enak, praktis pula mengolahnya. Tapi di balik makanan ini tersembunyi bahaya bila disantap menjelang tidur. Sereal mengandung karbohidrat dan gula tinggi. Apalagi ditambah susu hewani, yang mengandung lemak. Not good for sleep.
Bawang putih. Bumbu yang satu ini dikenal banyak khasiatnya bagi tubuh. Namun ternyata cukup berbahaya bila dimakan menjelang tidur. Pasalnya, bawang putih dikenal sebagai “bumbu panas”, yang bisa membuat perut mulas, apalagi bila dimakan dengan makanan pedas. Seperti bakso bersambal, misalnya.
Dark chocolate. Cokelat jenis ini banyak penggemarnya, terutama yang tak suka cokelat terlalu manis. Dibanding milk chocolate atau white chocolate, dark chocolate memang mengandung gula lebih sedikit. Tapi kandungan kafeinnya paling tinggi, lho. Ini yang membuatnya cukup berbahaya bila dimakan sebelum tidur. Kafein ini meningkatkan adrenalin tubuh. Selain itu kandungan theobromin pada dark chocolate membuat detak jantung sedikit cepat dari biasanya.
Alkohol. Bila tak suka minuman jenis ini, Anda aman. Namun alkohol juga sering digunakan dalam banyak makanan, seperti Blackforest Cake. Takarannya kecil sih, tapi akan berpengaruh pada yang tak bisa mencicipinya. Berbahaya bila Anda penggemar makanan dan minuman jenis ini, karena mengganggu tubuh memperbaiki diri di saat tidur.
Daging merah. Jenis daging ini mengandung protein dan lemak lebih tinggi dari jenis daging lain. Membuat tubuh harus bekerja keras mengolahnya sepanjang malam, yang seharusnya merupakan masa istirahat bagi tubuh.  Di sisi lain, daging merah mengandung zat besi tinggi dan tryptophan, yang membantu tidur. Hanya saja jangan dimakan menjelang tidur, tapi beri waktu sekitar 2-3 jam sebelum siap-siap tidur.

Artikel Terkait :