STRUKTUR GIGI MANUSIA

Struktur gigi manusia terdiri dari beberapa bagian. Gigi terdiri dari mahkota gigi, akar gigi dan leher gigi (serviks). Mahkota gigi secara klinis adalah bagian gigi yang menonjol di atas gusi (ginggiva). Akar gigi adalah bagian yang terpendam dalam alveolus pada tulang maksila atau mandibula. Sedangkan leher gigi (serviks) yaitu tempat bertemunya mahkota dan akar gigi. Pada potongan melintang, dapat dilihat:
  1. Email atau enamel yaitu jaringan terkeras gigi yang merupakan lapisan luar dari mahkota gigi. Ketebalan dan kepadatannya mempengaruhi permukaan mahkota gigi. Lapisan email tersusun atas 99% bahan anorganik yaitu kristal apatit (Ca10(PO4)6(OH)2) dan hanya 1% bahan organik. Secara mikroskopis struktur email terlihat berpori dan diduga ini merupakan tempat perembesan bahan-bahan yang mewarnai gigi.
  2. Dentin, yaitu jaringan keras gigi di bawah email, yang dibentuk oleh odontoblas. Lapisan dentin paling tebal umumnya normal berwarna kekuningan. Strukturnya juga berpori seperti email sehingga zat warna juga bisa menembus dentin dan mempengaruhi warna gigi.
  3. Pulpa, terdiri dari ruang pulpa yang terdapat pada mahkota gigi, dan saluran pulpa yang terdapat pada akar gigi. Di dalam pulpa terdapat pembuluh darah, serabut saraf, dan sel odontoblas.

Artikel Terkait :