EFEKTIVITAS TIM KERJA

Efektivitas Tim Kerja ditentukan oleh beberapa faktor. Tim kerja yang efektif memiliki rasa percaya diri dalam diri mereka. Mereka yakin bisa berhasil. Efektivitas tim kerja dapat dinilai melalui produktvitas tim kerja, tingkat kepuasan atasan dan kinerja tim kerja.  Efektivitas tim kerja di dasarkan pada hasil output yang produktif dan kepuassan pribadi. Kepuasan menyangkut kemampuan tim kerja untuk memenuhi kebutuhan pribadi anggotanya, sehingga mempertahankan keaggotaan dan komitmen. Output yang produktif menyangkut kualitas dan kuantitas output tugas seperti yang digariskan oleh tujuan tim kerja.
Karakteristik tim kerja yang penting adalah jenis tim kerja, struktur tim kerja, dan komposisi tim kerja. Faktor- faktor seperti keberagaman tim kerja dalam gender dan ras seperti halnya pengetahuan, keterampilan dan sikap dapat memberi dampak sangat besar pada proses tim kerja dan efektivitas tim kerja. Krakteristik tim dapat mempengaruhi proses internal dalam tim, yang pada gilirannya berdampak pada hasil output dan kepuasan (Daft 2003).
Ketika mengembangkan catatan kinerja yang semakin membaik, suatu tim kerja juga meningkatoan keyakinan bersama bahwa usaha –usaha di masa depan akan menghasilkan keberhasilan. Manajer juga harus mempertimbangkan penyediaan pelatihan untuk meningkatkan berbagai keterampilan teknis dan antar personal para anggotanya.
Menurut Billington (2004) terdapat 3 hal penting dalam sebuah tim yang efektif, yaitu:
Komitmen (commitment)
Hal yang terpenting dalam sebuah tim kerja adalah deddikasi bersama dalam pencapain tujuan tim kerja. Tim yang terbaik adalah tim yang menggunakan waktu dlam jumlah yang sangat besar untuk merangkum sebuah tujuan yang selanjutnya akan dijadikan tujuan bersama.
Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang membulatan hati dan tekad demi mencapai sebuah tujuan, sekalipun dia belum mengetahui hasil akhir dari tujuan tersebut. Komitmen kerja merupakan sebuah variabel yang mencerminkan derajat hubungan yang dianggap dimiliki oleh individu terhadap pekerjaan tertentu dalam organisasi.
Kompetensi (competence)
Ada 3 jenis kemampuan yang harus dimilki sebuah tim, yaitu:
  1. Kemampuan Memecahkan Masalah. Merupakan kemampuan untuk mengatasi kebutuhan akan sebuah kerumitan masalah untuk dapat memberikan alternatif jalan keluar dan menyumbangkan pemikiran yang kreatif demi mendapatkan penyelesaian terhadap masalah tersebut.
  2. Kompetensi Teknis. Merupakan kemampuan atau kecakapan untuk memahami pekerjaan dan tujuannya dan sewaktu–waktu mampu untuk merencanakan hal baru untuk meningkatkan efektivitas tim kerja.
  3. Kemampuan Hubungan Antar Personal. Merupakan kemampuan untuk menjalin pembicaraan untuk menyampaikan ide ataupun pemikiran yang selaras dengan orang–orang yang berasal dari latar belakang disiplin ilmu yang sama dan berbeda untuk memberikan kontribusi positif terhadap kelangsungan pekerjaan.
  4. Tujuan Umum (Common Goals). Tujuan umum sebuah tim kerja berbeda dengan misi perusahaan dan juga berbeda dengan rangkuman objektivitas pekerjaan individu. Tujuan umum berarti tujuan yang sama dalam satu tim kerja bukan tujuan individu. Tim kerja yang efektif akan menggunkan jangka waktu yang sangat panjang dan upaya yang gigih dalam mengkaji, mmeriksa, membentuk, menyetujui tujuan yang nantinya akan mereka jalani baik bersama–sama maupun perindividu.

Artikel Terkait :