JENIS-JENIS TIM KERJA

Ada Beberapa Jenis–Jenis Tim Kerja. Tim kerja dapat melakukan berbagai hal, seperti membuat produk, memberikan jasa, mengkoordinasi proyek tertentu, memberikan masukan, dan membuat keputusan. Dari berbagai hal ini, maka tim kerja dapat dibagi kedalam 4 jenis, yaitu:
Tim Kerja Penyelesai Masalah
Merupakan kelompok–kelompok yang terdiri dari 5 sampai 12 karyawan dari departemen yang sama yang bertemu selama beberapa jam setiap minggu untuk mendiskusikan berbagai cara peningkatan kualitas, efesiensi, dan lingkungan kerja
Tim Kerja Yang Mengelola Diri Sendiri
Merupakan sebuah tim yang benar benar otonom yang tidak hanya bisa menyelesaikan berbagai masalah, tetapi juga mengimplementasikan berbagai solusi–solusi dan bertanggung jawab penuh atas hasil–hasilnya.
Tim Kerja Lintas Fungsional
Merupakan karyawan yang berasal dari tingkat hirarki yang kurang lebih sama, tetapi dari berbabagi bidang pekerjaan yang berbeda, yang berkumpul untuk menyelesaikan sebuah tugas.
Tim Kerja Virtual
Merupakan yang menggunakan teknologi komputer untuk menyattukan anggota-anggota yang terpisah secara fisk guna mencapai tujuan bersama (Robbins dan Judge 2008).

Artikel Terkait :