PENGAMANAN DALAM PENGGUNAAN PESTISIDA

Pengamanan dalam Penggunaan Pestisida harus dilakukan. Petani hendaknya mengetahui tentang  persyaratan, yang terdapat dalam peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor : Per 03/Men/1986 tentang syarat-syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerja yang mengelola pestisida, yaitu: telah berumur 18 tahun keatas, telah mendapat trainning sebelumnya, tidak boleh kontak dengan pestisida lebih dari 5 jam sehari dan 30 jam dalam seminggu, mendapat pemeriksaan berkala 1 kali dalam 6 bulan.
Sulit untuk menghabiskan seluruh larutan pestisida dari dalam alat penyemprot sedang alat penyemprot harus selalu bersih bila sudah dipakai. Cara membersihkan alat semprot yang baik  adalah membilasnya dengan air bersih.  Demikian pula bagian luar dan bagian-bagian lainnya harus dibersihkan.
Sebaiknya alat semprot hanya digunakan khusus untuk insektisida atau untuk fungisida atau herbisida. Alat semprot yang tidak digunakan sesudah dibersihkan agar disimpan ditempat yang aman, tidak terjangkau oleh anak-anak.
Beberapa cara pengamanan yang perlu mendapat perhatian selanjutnya dalam penggunaan pestisida adalah:
  1. Periksalah wadah pestisida sebelum memegangnya kalau-kalau wadahnya bocor.
  2. Peganglah wadah/tempat pestisida dengan hati-hati.
  3. Bila ada kebocoran/tumpah, jagalah agar setiap orang terutama anak-anak dan ternak menjauh dari tempat tersebut.
  4. Jangan sekali-kali menyimpan pestisida atau bekas wadah pestisida dimana saja dekat dengan makanan atau ditempat anak-anak bermain.
  5. Jangan sendirian apabila bekerja dengan pestisida.
  6. Jangan merokok, minum, makan, atau menyentuh mata dan mulut bila sedang bekerja dengan menggunakan pestisida.
  7. Cucilah tangan sampai benar-benar bersih, sebelum makan, minum atau merokok, bila sebelumnya telah memegang pestisida.
  8. Pakailah sarung karet bersih yang tidak sobek serta pakaian pelindung bila sedang menggunakan pestisida dan gunakan masker bila diperlukan.
  9. Pada waktu mengadakan penyemprotan atau penghembusan dengan pestisida usahakan agar pada waktu berjalan tidak melawan arah angin.
  10. Bersihkanlah segera pakaian-pakaian yang kena percikan pestisida, demikian pula sarung tangan, setelah selesai bekerja.
  11. Bacalah petunjuk/label yang ada dengan teliti, hal ini penting agar pekerjaan berhasil baik, dan bila sewaktu-waktu diperlukan sebagai petunjuk dalam melakukan tindakan darurat seandainya terjadinya kecelakaan dengan pestisida.
  12. Cucilah peralatan bekas menggunakan pestisida di tempat yang aman, jangan mencuci dikolam atau disungai agar tidak menimbulkan pencemaran yang bisa mencelakakan orang lain.

Artikel Terkait :