TEKNIK MEMILIH PESTISIDA

Ada Beberapa Teknik Memilih Pestisida. Sebelum membeli pestisida pastikan jenis hama atau penyakit apa yang menyerang tanaman. Perhatikan gejala-gejala serangannya. Bagian tanaman mana yang terserang apakah daun, batang, buah, atau akarnya.
Memilih bentuk atau formulasi pestisida juga sangat penting dalam penggunaan pestisida. Kalau dilihat dari bahaya pelayangan di udara, pestisida berbentuk butiran paling sedikit kemungkinannya untuk melayang. Pestisida yang berbentuk cairan, bahaya pelayangannya lebih kecil jika dibanding pestisida berbentuk tepung. Disamping itu pertimbangan lain dalam memilih formulasi pestisida adalah alat yang digunakan untuk menyebarkan pestisida tersebut (Wudianto, 2005).
Petani dan pengguna pestisida pada umumnya perlu mengetahui nama dagang ataupun nama umum pestisida agar tidak salah memilih pestisida. Pestisida dengan bahan aktif yang sama sering dijual dengan nama dagang yang berbeda.
Dengan mengetahui kandungan bahan aktif masing-masing pestisida, maka tidak perlu terlalu terikat pada satu nama dagang, tetapi dapat memilihnya dari berbagai nama dagang yang ada. Demikian halnya jika hendak mencampur pestisida, maka dapat menghindari pencampuran dua atau lebih pestisida yang bahan aktifnya sama (Djojosumarto, 2004).

Artikel Terkait :