BERBAGAI KESALAHAN MEMBACA

Ada Berbagai Kesalahan Membaca. Anak  tunagrahita  ringan  kemampuan  membacanya  rendah.  Anak-anak  ini  mengalami  kesulitan  dan  kesalahan  membaca  sangat  bervariasi. Kesulitan dan kesalahan  yang dialami  masing-masing anak  berbeda-beda. Kesulitan  dan  kesalahan  yang  dialami  oleh  anak  saat  membaca  dapat mengakibatkan salah arti dan makna dari apa yang dibacanya. 
Menurut Hargrove (Abdurrahman M, 1993), anak tunagrahita yang mengalami kesulitan membaca permulaan mengalami berbagai kesalahan dalam membaca yaitu penghilangan kata, penyelipan kata,  penggantian kata, pengucapan kata salah tetapi makna sama, pengucapan kata dengan bantuan guru, pengulangan, pembalikan kata, pembalikan huruf, kurang memperhatikan tanda baca, pembetulan sendiri, ragu-ragu, tersendat-sendat, pengucapan kata salah dan tidak bermakna.
Kesalahan yang sering dilakukan anak tunagrahita ringan dalam membaca antara lain sebagai berikut:
Anak tidak mengetahui kata-kata
Dalam membaca anak mengalami kesulitan dalam mengetahui kata tertentu, misalnya: kata bank anak membaca dengan kata ban – K.
Menambahkan kata
Anak sering menambahkan kata sehingga wacana jadi berubah, misal: kalimat ”Ayah sedang makan nasi”, anak membaca ”Ayah sedang memakan nasi”.
Anak menghilangkan imbuhan atau tidak mengenalnya
Anak dalam membaca menghilangkan imbuhan kata yang dibacanya, misal : ”Ibu pergi ke pasar” dibaca ”Ibu pergi pasar”.
Anak tidak mengenal bunyi-bunyi
Anak membuat kesalahan dalam mengucapkan kata, mungkin anak tidak tahu bunyi huruf yang digunakan dalam kata tertentu. 

Artikel Terkait :