CARA HIDUP VIRUS

Cara hidup virus sangat unik. Virus tidak dapat hidup di alam secara bebas, melainkan harus berada di dalam sel makhluk hidup yang lain. Berbagai makhluk hidup dapat diserang virus misalnya manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri (Irianto, 2006).
Virus yang menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit pada manusia, misalnya cacar, polio, hepatitis, mata belek, influenza, demam berdarah, dan diare. Termasuk, virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), yaitu sindrom runtuhnya kekebalan tubuh. Virus ini dapat ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak langsung dengan penderita. Polio dan hepatitis A dapat ditularkan melalui air sumur yang tercemar, piring makan, sendok makan, dan lain-lain.
Cacar, mata belek, dan polio dapat ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus AIDS ditularkan lewat darah, cairan sekresi vagina, semen (ejakulat), 3 air susu, hubungan kelamin, jarum suntik, transfusi darah, dan juga dapat ditularkan melalui plasenta ibu hamil ke janinnya (Irianto, 2006).
Virus tidak dapat berkembang biak di luar sel inang. Untuk membiakkan virus diperlukan sel atau jaringan hidup. Di laboratorium, virus dapat dibiakkan dalam embrio telur ayam (Irianto, 2006). 

Artikel Terkait :