PENGERTIAN AGRIBISNIS

Ada beberapa Pengertian Agribisnis. Agribisnis pada hakikatnya adalah aktivitas usaha (profit) yang meliputi satu atau keseluruhan faktor-faktor industri dalam bidang pertanian. Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. Pengertian Agribisnis menurut Sjarkowi dan Sufri (2004) adalah setiap usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri atau pun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian.
Agribisnis berasal dari kata Agribusiness, di mana Agri = Agriculture artinya pertanian dan Bisnis = Business artinya usaha atau kegiatan yang menghasilkan keuntungan. Jadi, Agribisnis adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pengusahaan agro-based industries (komoditas pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan) yang berorientasi pasar dengan melakukan proses nilai tambah.
Menurut Tjakrawerdaya (1996) Agribisnis secara umum mengandung pengertian sebagai keseluruhan operasi yang terkait dengan usaha untuk menghasilkan usaha tani, pengolahan hasil (agro industry), keuangan dan pemasaran.  
Kegiatan usaha agribisnis merupakan kegiatan yang berbasis pada keunggulan sumberdaya alam (on-farm agribusiness) yang terkait erat dengan penerapan teknologi dan keunggulan sumberdaya manusia bagi perolehan nilai tambah yang lebih besar (off-farm agribusiness).

Artikel Terkait :