PENGERTIAN ANAK TUNA GRAHITA RINGAN

Pengertian Anak tuna grahita ringan adalah salah satu golongan anak tunagrahita yang tarafnya masih ringan, serta masih memiliki kemampuan untuk di didik secara sederhana. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Munzayanah (2000: 22) yang menyatakan, seperti berikut:
Anak tunagrahita ringan adalah Mereka yang masih mempunyai kemungkinan memperoleh pendidikan dalam bidang membaca, menulis, dan menghitung pada suatu tingkat tertentu di sekolah khusus. Biasanya untuk kelompok itu dapat mencapai tingkat tertentu, setingkat dengan kelas IV Sekolah Dasar, serta dapat mempelajari keterampilan-keterampilan yang sederhana.
Pendapat  tersebut  di  atas  senada  dengan  pendapat  S.A.  Bratanata (1997)  yang  menyatakan  bahwa  "Anak  tunagrahita  ringan  adalah  anak yang  masih  mempunyai  kemungkinan  memperoleh  pendidikan  akademis sampai  kelas  dasar  empat  atau  lima  dan  dapat  mempelajari  keterampilan-keterampilan sederhana".
Menurut American Association of Mentally Defficiency (AAMD) dan PP No. 72 tahun 1991 (dalam Mohammad Amin, 199) menyatakan bahwa "Anak tunagrahita ringan adalah mereka yang mempunyai IQ antara 50-70 sehingga mengalami hambatan dalam kecerdasan dan adaptasi sosialnya, namun mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam bidang pelajaran akademik, penyesuaian sosial, kemampuan bekerja". Emi  Dasiemi (1997) memberikan batasan anak tunagrahita ringan atau Debil yaitu anak yang mempunyai IQ antara 50/55 - 70/75, kurang mampu mencari nafkah sendiri, namun masih mampu menerima pendidikan dan latihan meskipun terbatas.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pengertian anak tunagrahita ringan adalah anak yang mempunyai intelektual atau kecerdasan mental antara 50/55 - 70/75 dan mengalami hambatan dalam kecerdasan dan adaptasi sosialnya. Tetapi masih memiliki potensi yang dapat dikembangkan dalam bidang akademis yang sederhana seperti membaca, menulis dan berhitung. 

Artikel Terkait :