PENGERTIAN KETOMBE

Ada beberapa pengertian Ketombe. Masyarakat umum mendeskripsikan serpihan kulit mati yang berwarna putih di kulit kepala, terasa gatal, tampak jelas di rambut, dan pada baju berwarna gelap sebagai ketombe. Nama lain dari ketombe adalah dandruff, pitiriasis sika,pitiriasis simpleks kapitis, pitiriasis furfurasea , dan seboroik kapitis. Ketombe merupakan suatu kelainan yang ditandai oleh skuama yang berlebihan pada kulit kepala (scalp), kadang disertai rasa gatal dengan atau tanpa disertai tanda-tanda inflamasi ringan.
Ketombe adalah sejenis kelainan kulit atau peradangan kulit kepala yangsangat ringan, namun sering menjadi masalah bagi penderita dan kadang-kadangdisertai rasa gatal yang mengganggu. Secara periodik kulit kepala yang mati akandikeluarkan ke permukaan kulit. Sel kepala yang mati selanjutnya akan lepasdengan sendirinya, namun dalam kondisi tertentu pelepasan ini tidak terjadisehinggga sel–sel mati menumpuk di permukaan kulit kepala.Ketombe dapat terjadi karena penumpukan sel epidermis kulit kepala dalam jumlah banyak. Ketombe ini berwarna putih, kering kecil, dan terdapat pada kulitkepala paling atas (Badan POM RI, 2009).
Ketombe disebabkan oleh jamur  Malassezia furfur. Penghuni normal kulitkepala ini dapat meningkat jumlahnya dan menstimulir pembentukan lipase.Tigliserida dirombak olehnya menjadi asam-asam lemak, yang merangsanghiperprolifersi sel-sel epidermis. Akibatnya keratosit dilepaskan lebih pesat, keratin yang melekat satu sama lain akan mati, lalu dilepaskan sebagai gumpalam-gumpalan serpih (Tjay dan Rahardja, 2007).

Artikel Terkait :