PENGERTIAN PRESTASI KERJA

Para ahli memberikan beberapa Pengertian Prestasi Kerja. Prestasi kerja adalah pengorbanan jasa, jasmani dan pikiran untuk menghasilkan barang barang atau jasa-jasa dengan memperoleh imbalan prestasi tertentu. Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya (Hasibuan, 2005).
Siswanto (2002) prestasi diartikan sebagai hasil akhir yang memuskan dari pekerjaan yang dilakukan seseorang dapat dilakukan dengan mengukur kinerjanya. Adapun unsur-unsur yang dinilai adalah kejujuran, tanggung jawab, kerjasama, kreativitas, dan kedisiplinan.
Ivancevich (1989) menyatakan pengertian prestasi kerja adalah hasil yang diharapkan dari setiap perilaku pegawai. Perilaku yang berhubungan dengan prestasi kerja adalah perilaku yang berkaitan langsung dengan tugas-tugas pekerjaan dan tujuan untuk mencapai sasaran.
Prestasi disebut juga kegiatan yang menghasilkan suatu akibat, pelaksanaan, tindakan atau serangkaian tindakan penyelesaian suatu pekeijaan atau bagaimana seorang beraksi dalam menjalankan tugas yang diberikan (Gulo,1982). Moekijat (dalam Amrita,1994) mengatakan penilaian prestasi yaitu merupakan proses menilai pelaksanan kerja dan kecakapan pegawai dalam hubungannya dengan syarat-syarat pekeijaan dimana karyawan ditempatkan untuk tujuan-tujuan administrasi tennasuk penempatan, seleksi kenaikan pangkat, upah berupa uang dan tindakan-tindakan lain yang memerlukan perlakuan yang berlainan diantara anggota keloinpok. Prestasi kerja dalam penelitian ini tidak hanya dilihat pada hasil kerjanya saja tapi dilihat juga dari personnel releted. Personnel releted yang terdapat dalam penelitian ini adalah prestasi kerja, kepemimpinana, kerja sama dan tanggung jawab.
Beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi kerja adalah hasil yang dapat dicapai oleh karyawan dalam pekerjaan selama periode tertentu dibandingkan dengan berbagai kemungkinan misalnya: standar, target, sasaran atau kriteria yang telah disepakati bersama, dan personnel reletednya sehingga prestasi kerja merupakan salah satu tolak ukuran keberhasilan seorang karyawan dalam menjalankan tugasnya.

Artikel Terkait :