UPAYA PENCEGAHAN CACAR ULAR

Upaya Pencegahan Cacar Ular harus dilakukan sebelum virus ini mewabah. Sampai sekarang ini obat untuk membunuh virus cacar masih belum ada dan hanya masih dalam tahap pencegahan dan penyembuhan, di karenakan obat untuk penderita penyakit cacar ini belum ada maka harapan lainnya adalah dibuatnya vaksin cacar, yang sampai saat ini hanya mampu untuk melakukan sebuah pencegahan tanpa menghilangkan virus cacar itu sendiri.
Untuk mencegah cacar ular, Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah pemberian vaksinasi. Vaksin berfungsi untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi usia lanjut, Vaksin cacar ular dapat berupa virus cacar yang telah dilemahkan atau komponen virus tersebut yang  berperan untuk merangsang atau menghasilkan kekebalan pada tubuh, Sehingga dapat mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit cacar ular selain itu juga dengan memakan makanan yang bergizi mampu meningkatkan untuk stamina daya tahan tubuh.
Cacar ular dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi diberikan pada kelompok-kelompok berikut:
  1. Anak-anak dengan usia 12-18 bulan yang belum pernah mengalami cacar air diberikan satu dosis vaksin
  2. Anak-anak dengan usia 19 bulan hingga 13 tahun yang belum pernah mengalami cacar air diberikan satu dosis vaksin
  3. Orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan bekerja atau tinggal di lingkungan yang sangat mudah terjangkit cacar air
  4. Wanita reproduktif yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak dalam kondisi sedang hamil 
  5. Orang dewasa dan remaja yang belum pernah mengalami cacar air dan tinggal dengan anak-anak
  6. Orang yang hendak bepergian ke luar negeri dan belum pernah mengalami cacar air.
Varicella Zoster Immunoglobulin (VZIG) adalah zat kekebalan terhadap virus penyebab cacar ular. VZIG hanya diberikan pada kelompok-kelompok tertentu:  
  1. Orang dengan sistem kekebalan rendah
  2. Wanita hamil yang terpapar kasus cacar air dan belum pernah terkena cacar air sebelumnya
  3. Bayi dibawah usia 28 hari yang lahir dari usia kahamilan kurang dari 28 minggu atau berat lahirnya kurang dari 1000 gram 
  4. Bayi dibawah usia 28 hari yang ibunya terpapar kasus cacar air atau yang mengalami cacar air antara 7 hari sebelum persalinan hingga 7 hari setelah persalinan.

Artikel Terkait :