KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENERAPAN TGT BERBANTUAN ANIMASI GRAFIS PADA MATERI PECAHAN KELAS IV
Abstract: Matematika merupakan
ilmu yang bersifat universal yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam
berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Agar tujuan
pembelajaran tercapai maka guru matematika perlu memilih metode pembelajaran
yang tepat. Salah satu metode yang dipilih adalah metode Times Games and
Tournament (TGT) dengan berbantuan media animasi grafis yaitu pelaksanaan
pembelajaran dengan metode TGT dengan penyampaian materinya menggunakan CD
pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini; (1) apakah terdapat pengaruh
keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa pada kelas dengan pembelajaran
matematika berbasis penerapan TGT berbantuan media animasi grafis? (2) apakah
terdapat pengaruh keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa pada kelas
dengan pembelajaran matematika berbasis penerapan TGT berbantuan alat peraga?
Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis penerapan
TGT berbantuan animasi grafis terhadap hasil belajar.
Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDI Al Azhar 14
Semarang tahun pelajaran 2007/2008, dan sebagai sampel diambil siswa dari tiga
kelas secara acak, satu kelas sebagai kelompok eksperimen 1 (diberi
pembelajaran berbasis penerapan TGT berbantuan media animasi grafis), satu
kelas sebagai kelompok eksperimen 2 (diberi pembelajaran berbasis penerapan TGT
berbantuan alat peraga) dan satu kelas yang lain sebagai kelompok kontrol
(diberi pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga). Variabelnya adalah
keterampilan proses dan hasil belajar. Data diperoleh dari tes, lembar
observasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis
regresi, analisis one way sample t tes.
Hasil penelitian menunjukan: keterampilan proses pada kelas eksperimen 1
berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sebesar 80,3%; keterampilan
proses pada eksperimen 2 berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa
sebesar 45%; pembelajaran berbasis penerapan TGT berbantuan animasi grafis,
pembelajaran berbasis penerapan TGT berbantuan alat peraga, dan pembelajaran
dengan metode ekspositori berbantuan alat peraga dapat membantu siswa mencapai
ketuntasan belajar.
Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran matematika berbasis penerapan TGT
berbantuan animasi grafis efektif dalam pembelajaran pada materi pecahan kelas
IV.
Kata Kunci: TGT, animasi
grafis
Penulis: Heni Purwati
Kode Jurnal: jppendidikandd100108
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini....
>>> KLIK DISINI <<< ...