ANALISIS PERAN PEMUKA PENDAPAT DALAM MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MASYARAKAT LOA DURI ILIR, KAB. KUKAR

Abstrak: Seorang  pemuka  pendapat  memiliki  potensi  memegang  kendali  di  lingkungan sosial masyarakat atas segala pendapat, perilaku maupun tindakan yang mereka lakukan baik disengaja maupun tidak. Termasuk didalamnya menjadi salah satu ujung tombak penentu keberhasilan proses pembangunan dalam sebuah negara di segala bidang. 
Dengan demikian pada umumnya para pemuka pendapat adalah pengelola awal ide-ide  baru,  dan  ketergantungan  mereka  pada  media  massa  lebih  banyak ditentukan  oleh  kedudukan  mereka  sebagai  pengenal  awal  (early  knowers) daripada  sebagai  pemimpin  masyarakat,  dan  pada  dasarnya  saluran  tersebut tidak  terbatas  pada  media  massa  saja  tetapi  juga  pada  pemilihan  media  yang tepat dan penggunaan teknik-teknik komunikasi yang tepat. 
Memiliki  kedudukan  sebagai    pemuka    pendapat  tanpa  disadari  dengan sendirinya  mereka  akan  memiliki  volume  informasi  yang  lebih  besar dibandingkan dengan masyarakat, sehingga ia lebih banyak tahu tentang banyak persoalan. 
Kepemimpinan yang meliputi segala tindakan yang dilakukan seseorang/sesuatu badan sehingga mampu menyebabkan gerak dari warga masyarakat akibat dari adanya  pengakuan  masyarakat  akan  kemampuan  seseorang  untuk  menjalankan kepemimpinannya,  disini  terlihat  bahwa  pemuka  pendapat  menjadi  seorang pemimpin karena didasarkan  pada suatu proses sosial. 
Kata kunci: Pemuka pendapat, Komunikasi Sosial Pembangunan
Penulis: Fitri Silvia Ningrum
Kode Jurnal: jpkomunikasidd130182

Artikel Terkait :