Implementasi Komunikasi Internal Berbasis ICT dan Kinerja Organisasi di Telkom Banjarmasin

Abstrak: Penelitian  ini  berdasar  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  yang diimplementasikan pada TELKOM Banjarmasin. Fenomena ini menarik untuk diteliti  karena  pola  komunikasi  internal  berubah  dengan  menggunakan media teknologi. TELKOM menggunakan ICT secara terintegrasi dari kantor pusat  ke  kancatel  (kantor  cabang  TELKOM)  sejak  2000.  Penelitian  ini  ingin menjelaskan  bagaimana  keterkaitan  antara  implementasi  ICT  dan  kinerja organisasi.
Penelitian fokus pada implementasi ICT dan kinerja TELKOM Banjarmasin. Peneliti  menggunakan  metode  kualitatif  dengan  kuota  sampling  14 orang  perwakilan  dari  setiap  lever  managerial.  Data  dikumpulkan  dengan menggunakan  teknik  observasi,  dokumentasi,  dan  interview  dengan TELKOM Banjarmasin. Observasi dilakukan dengan mengamati dan menulis setiap  aktivitas  ICT.  Dokumentasi  dengan  menggumpulkan  bukti  aktivitas ICT seperti dokumen internal TELKOM dan foto aktivitas. Interview dilakukan kepada 14 informan perwakilan dari setiap level managerial seperti General Manajer Datel, manager, assisten manager, officer dan ISC.
Hasilnya bahwa ICT terintegrasi pada 13 kancatel di Kalimantan Selatan, kandatel dan kantor pusat dengan program FIESTO (Fast Integrated Employe Service  and  Information  Online)  dan  POINT  (Paperless  Officer  Internal TELKOM National).
Kata Kunci: ICT, Komunikasi Internal dan Kinerja
Penulis: Lalita Hanief
Kode Jurnal: jpkomunikasidd130129

Artikel Terkait :