PENINGKATAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI MODEL PERMAINAN JOHARI WINDOW SISWA KELAS X AK 3 SMK SORE KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstrak: Berdasarkan hasil
observasi awal yang telah dilakukan peneliti di lapangan dan wawancara dengan
konselor sekolah, diketahui bahwa kurang lebih 70% siswa kelas X Ak 3 di SMK
SORE Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013 memiliki pemahaman diri yang masih
rendah. Cara yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman diri siswa adalah
dengan menggunakan model permainan Johari Window. Model Johari Window merupakan
model permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran diri
(self-awareness) dan pemahaman diri (self understanding) pada individu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman diri
melalui model permainan Johari Window siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun
tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode
penelitian eksperimen dengan desain pre-test and post test group. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik sampel jenuh yaitu siswa kelas X Ak 3 sebanyak 20
siswa. Pengumpulan data untuk mengetahui
tingkat pemahaman diri siswa sebelum dan sesudah diberikan model permainan
Johari Window dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Dalam
menganalisis data menggunakan teknik t-test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman diri siswa
sebelum dan sesudah diberikan model permainan Johari Window yang berarti ada
peningkatan pemahaman diri melalui model permainan Johari Window siswa kelas X
Ak 3 SMK SORE Kota Madiun tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Pemahaman Diri,
Model Permainan Johari Window
Penulis: Puput Tri Anjanisari,
Dahlia Novarianing Asri
Kode Jurnal: jpbkdd130264