PEMODELAN OBYEK TIGA DIMENSI DARI GAMBAR SINTETIS DUA DIMENSI DENGAN PENDEKATAN VOLUMETRIC
Abstract: Dalam penelitian ini
dilakukan implementasi untuk pemodelan obyek tiga dimensi yang berasal dari
gambar dua dimensi. Pemodelan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
volumetric. Dengan menggunakan pendekatan volumetric, ruang tiga dimensi dibagi
menjadi bentuk diskrit yang disebut voxel. Kemudian pada voxel-voxel tersebut
dilakukan metode pewarnaan voxel untuk mendapatkan hasil berupa obyek tiga
dimensi yang bersifat photorealistic. Bagaimana memodelkan obyek tiga dimensi
untuk menghasilkan hasil photorealistic merupakan masalah yang masih aktif di
bidang komputer grafik. Banyak aplikasi lain yang dapat memanfaatkan hasil dari
pemodelan tersebut seperti virtual reality, augmented reality dan lain-lain. Pewarnaan
voxel merupakan pemodelan obyek tiga dimensi dengan melakukan rekonstruksi
warna, bukan rekonstruksi bentuk. Metode ini bekerja dengan cara mendiskritkan
obyek menjadi voxel dan kemudian melakukan pengecekan secara berurutan terhadap
proyeksi voxel ke gambar input untuk menentukan apakah voxel tersebut merupakan
bagian dari obyek atau bukan. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan suatu
model tiga dimensi yang photorealistic.
Penulis: Rudy Adipranata,
Liliana liliana
Kode Jurnal: jptinformatikadd050009