PENYISIPAN PESAN RAHASIA PADA CITRA DIGITAL DENGAN TEKNIK STEGANOGRAFI

ABSTRACT: Steganografi merupakan teknik penyembunyian data rahasia ke dalam sebuah wadah (media) sehingga data yang disembunyikan sulit untuk dikenali oleh indera manusia. Steganografi membutuhkan dua  priority yaitu wadah penampung dan data rahasia yang disembunyikan. Steganografi digital menggunakan media digital sebagai wadah penampung misalkan citra, suara, teks dan video. Data rahasia yang disembunyikan juga dapat berupa citra, suara, teks dan video. Penggunaaan steganografi antara lain bertujuan untuk menyamarkan keberadaan data rahasia sehingga sulit dideteksi dan melindungi hak cipta suatu produk.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penggunaan media gambar biner dua warna sebagai data masukan media pembawa pesan rahasia. Dengan membagi media gambar data masukan dalam blok-blok berukuran m x n, teknik ini diharapakan dapat menyisipkan informasi rahasia ke dalam satu blok maximum sebanyak 1 bit sehingga perubahan yang terjadi tidak terlihat mencolok.
Program aplikasi yang dirancang memiliki kemampuan untuk menyembunyikan pesan rahasia dan memunculkannnya kembali pesan tersebut, yang terdiri dari Hide: proses penyembunyian pesan rahasia ke dalam host (file pembawa pesan berupa gambar) dan UnHide: proses pengambilan dan pembacaan pesan dari file gambar. Kedua proses di atas merupakan bagian dari suatu sistem keseluruhan yang disebut Steganosistem.
Kata kunci: enkripsi, data hiding, steganography
Penulis: Catur Iswahyudi,  Iwan Risgianto
Kode Jurnal: jptinformatikadd080003

Artikel Terkait :