Penerapan Interactive Scrabble Game dalam Meningkatkan Perbendaharaan Glosarium GeografiKelas 8 pada Kelas Akselerasi di SMP Negeri 3 Jember
Abstrak: Scrabble Game
merupakan permainan yang sering dimainkan olehseluruh kalangan tanpa memandang
usia dan kultur budaya. Penerapan kegiatan permainan ini didasari atas sangat
kurangnya pengusaan perbendaharaan istilah-istilah (glosarium) Geografi kelas 8
yang merupakan kelas akselarasi di SMP Negeri 3 Jember. Dimana kelas akselarasi
memiliki karakteristik merupakan kelas yang berisikan siswa-siswaunggulan yang
dirancang untuk menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih cepatdari kelas
reguler. Rasa bosan,jenuh,dan lelah selalu menghinggapi siswa-siswikelas
akselerasi, sehingga dibutuhkaan kreatifitas dari seorang guru
untukmelakukan perubahan dalam pola
prosesbelajar mengajar di kelas akselerasi. Penerapan interctive scrabble game
dilakukan dengan membagi kelas dalam 2(dua) kelompok besar,yang disebut sebagai
kelompok scrabble (KS, kelompokeksperimen) dan kelompok konvensional (KK,
kelompok kontrol) masing-masingterdiri dari 3 kelompok kecil (=1 kelompokkecil
terdiri 2 siswa). Pada kelompokkonvensional melakukan kegiatan penerimaan
glosariumsecara konvensional, sedangkan pada kelompok scrabble menerima
glosarium dan menyusun sesuai dengankeinginan kelompok kecil. Setelahseluruh siswa menerima istilah
geografi, dilakukan test dengan menggunakanwaktu selama 20 menit untuk mereview
kembali isitilah (glosarium). Hasil penelitian menunjukkan selama 15 menit
kelompokkonvensional rata-rata mampu mengingat dan menghafal sebanyak 15
glosarium dari 30 glosarium, sedangkan pada kelompok scrabble rata-rata
mampumengingat dan mengahfal sebanyak 25
glosarium dari 30 glosarium. Sehingga penerapan interctivescrabble game
meningkatakan pengusaan perbendaharaan glosarium sebesar 34 % dari pola PBM
yang konvensional.
Penulis: Jatim Kristina Margi
U
Kode Jurnal: jppendidikandd100145
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini....
>>> KLIK DISINI <<< ...