PENGARUH PERMAINAN KONSTRUKTIF BERUPA KERAJINAN TANGAN DARI BARANG BEKAS TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK KELAS V SDN NGAGELREJO III / 398 SURABAYA
Abstrak: Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh permainan konstruktif
berupa kerajinan tangan dari barang bekas terhadap peningkatan kreativitas anak
kelas V SDN Ngagelrejo III/398 Surabaya. Alasan peneliti memilih penelitian tersebut
dikarenakan sistem pendidikan sekolah dasar di Indonesia lebih menekankan pada pembelajaran
yang monoton (rutin hafalan, ceramah). Selain itu, murid – murid jarang dirangsang
untuk melihat suatu masalah dari berbagai macam sudut pandang atau untuk memberikan
alternatif-alternatif penyelesaian suatu masalah.(berpikir kovergen). Faktanya,
pendidikan di Indonesia masih belum mampu mengembangkan potensi dan kreativitas
anak secara optimal, siswa masih dipandang sebagai objek bukan subjek. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B SDN
Ngagelrejo III/398 Surabaya dengan jumlah subjek kelompok eksperimen sebanyak
27 siswa dan subjek kelompok kontrol sebanyak 22 siswa sehingga total subjek
sebanyak 49 siswa. Penelitian ini dilakukan secara Nonrandomized pretest –
posttest kontrol group design dengan
teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan penentuan
kelompok eksperimen dan kontrol dari dua kelompok kelas yang ditentukan
dilakukan dengan menggunakan random by group. Alat pengumpulan data menggunakan
alat Tes Kreativitas Figural, observasi dan wawancara. Alat tes yang digunakan
sudah terstandardisasi di Indonesia dengan nilai validitas sebesar 0,6227 – 0,
7849 dan reliabilitas 0,9. Analisa data
menggunakan teknik statistik independent sample t test dengan bantuan SPSS
versi 19,0 for windows. Dari hasil analisa data penelitian nilai uji pengaruh
berdasarkan independent sample t test diperoleh nilai t sebesar 1, 36 dan
signifikansi sebesar 0,179 dan karena data akan dikatakan memiliki pengaruh
apabila signifikansi < 0,05 maka data tersebut tidak memiliki pengaruh maka
Ha di tolak yaitu tidak ada pengaruh permainan konstruktif berupa kerajinan
barang bekas terhadap peningkatan kreativitas. Menurut peneliti mengapa penelitian
tersebut tidak memiliki pengaruh dikarenakan adanya penilaian yang subjektif
terhadap alat ukur variabel terikat, subjek yang tidak random, kurang dikontrolnya
variabel ekstraneous dan validitas eksternal.
Penulis: Lissa Putri Saraswati,
Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si
Kode Jurnal: jppsikologiperkembangan140018