APLIKASI GAME SUSUN AKSARA JAWA (SURAJA) SEBAGAI MEDIA BELAJAR AKSARA JAWA KELAS V SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN UNTUK PLATFORM ANDROID

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan aplikasi  game  Suraja sebagai media belajar aksara Jawa pada platform  Android,  (2)  mengetahui  hasil  pengujian  kualitas  aplikasi  game  Suraja  berdasarkan  ISO  9126  yang meliputi aspek functionality, efficiency, portability, usability, maintainability,  dan materi.  Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan aplikasi game Suraja menggunakan Construct 2 dan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi,  dan  evaluasi,  (2)  hasil pengujian  kualitas  aplikasi  game  Suraja  diperoleh  nilai  functionality  100% (Sangat Baik),  efficiency  dengan Appthwack dan Testdroid  menunjukkan skala kualitas “Baik”, portability dengan OS Android versi Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, dan Kitkat  diperoleh nilai 100% (Sangat Baik), usability  oleh  31  siswa  kelas  V  SDIT  Salsabila  Baiturrahman  menghasilkan  nilai  alpha  cronbach  0,909  (Sangat Baik),  maintainability  dengan  JSComplexity  menghasilkan  nilai  Maintainability Index  sebesar 97 (High  MI), dan pengujian materi menunjukkan bahwa materi yang ada dalam aplikasi dinyatakan 100% valid.
Kata kunci: game, media belajar, aksara Jawa, Android, ISO 9126
Penulis: Dewi Anisa Istiqomah
Kode Jurnal: jptinformatikadd150018

Artikel Terkait :