Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D

Abstrak: Tujuan pembuatan prototipe game musik bambu menggunakan engine Unity 3D adalah membuat sebuah rancangan awal game yang bertemakan kebudayaan daerah dan game ini dimainkan dengan mode first-person yaitu pandangan pemain terhadap player adalah pandangan orang pertama. Juga menggunakan setiap  fitur-fitur  yang  ada  didalam  game  engine  Unity  untuk  membuat  game.  Dengan  memainkan  game ini,  pemain  akan  mendapatkan  informasi  mengenai  alat  musik  bambu  mulai  dari  bentuk  alat  musik bambu dan suara yang dihasilkan masing-masing alat musik bambu. Metodologi yang digunakan dalam perancangan  prototipe  game  musik  bambu  yaitu  metode    Rapid  Game  Prototyping  yang  merupakan metode gabungan antara proses rekayasa  perangkat lunak pemrograman ekstrem dengan metode game desain.  Perancangan  pembuatan  game  ini  diakukan  dengan  membuat  model  yang  menjelaskan  setiap kegiatan  secara  detail  dengan  menggunakan  Unified  Modelling  Language  (UML).  Simpulannya  adalah prototipe  game  musik  bambu    adalah  sebuah  game  yang  mengandung  nilai-nilai  pendidikan  mengenai kebudayaan daerah khususnya alat musik bambu Minahasa.
Kata Kunci: Perancangan game, Musik bambu Minahasa, engine Unity 3D
Penulis: Michello Pratama Tjahyadi, Alicia Sinsuw, Virginia Tulenan, Steven Sentinuwo
Kode Jurnal: jptinformatikadd140171

Artikel Terkait :