PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN BERBANTUAN ASESMEN KINERJATERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN MOTIVASI BERPRESTASI KELAS V SDN GUGUS II LAKSAMANA JEMBRANA
Abstrak: Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh metode bermain peran berbantuan asesmen
kinerja terhadap hasil belajar IPS dan motivasi berprestasi kelas V SD.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan the post-test
only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD
di gugus II Laksamana Kecamatan Jembrana yang berjumlah 211, dengan jumlah
sampel dipilih sebanyak 100 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar
dan kuisioner motivasi berprestasi. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA.
Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang
signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode bermain peran
berbantuan asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional (F hitung 112,556; p < 0,05), dimana rerata hasil belajar siswa
yang mengikuti pembelajaran dengan bermain peran berbantuan asesmen kinerja
sebesar 83,22, lebih tinggi dari rerata siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional yaitu sebesar 70,66. (2) terdapat perbedaan motivasi berprestasi
yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode bermain
peran berbantuan asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional (F hitung 4,547; p < 0,05) dimana rerata motivasi berprestasi
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode bermain peran berbantuan asemen
kinerja adalah 98,62 yang lebih besar dari skor rerata siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional yaitu sebesar 95,18. (3) terdapat perbedaan hasil
belajar dan motivasi berprestasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan metode bermain peran berbantuan asesmen kinerja dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F hitung 105,6; p < 0,05).
Penulis: IBP. Suarsana, Wayan
Lasmawan, A.A.I.N. Marhaeni
Kode Jurnal: jppaudsddd130144