ANALYSIS ON THE INFLUENCE OF WOMEN FARMING WORKERS TO INCOME AND FAMILY CONSUMPTION PATTERN IN SURBAKTI VILLAGE, SIMPANG EMPAT SUB-DISTRICT, KARO REGENCY, NORTH SUMATERA PROVINCE, INDONESIA

Abstract: Salah satu  cara pandang untuk hidup menurut surbakti adalah dengan cara pola pertanian. Komunitas lokal secara bersama-sama menggunakan lahan kering untuk bercocok tanam, seperti sayur-sayuran dan lainnya.  Masalah yang ingin didiskusikan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permanen atau tidak permanen perempuan petani dalam hal perekonomian, pendapatan keluarga, tingkat konsumsi dan tabungan. Analisa data yang digunakan adalah rata-rata tabulasi dan test perbedaan bentuk presentasi dari figur dan bentuk tabulasi menggunakan analisa multipel regresi.
Penelitian ini menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Ada perbedaan permanen dan tidak permanen perempuan petani di dalam aktifitas ekonomi, yang  mencapai  derajad  kepercayaan  95  %.  Kontribusi  perempuan  pekerja  memberikan sumbangan lebih besar 50 % ternyata ditolak. Pendapatan keluarga tidak berpengaruh terhadap persoalan  ekspenditur. Ada  hubungan  antara  tingkat  pendapatan  dari  permanen  dan  tidak permanen  perempuan  petani  dengan  tingkat  tabungan.  Tidak  ada  relasi  antara  perempuan pekerja yang permanen dan tidak permanen terhadap tingkat dan pola konsumsi keluarga.
Keywords: perempuan  petani,  pendapatan,    pola konsumsi,  aktifitas ekonomi  perempuan, waktu kerja
Author: Misnarti Sembiring
Journal Code: jptindustrigg080001

Artikel Terkait :