PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN OPERATING LEVERAGE TERHADAP RISIKO SISTEMATIS SAHAM (Studi Pada PT. Holcim Indonesia, Tbk)

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh financial leverage dan operating leverage terhadap risiko sistematis saham. Objek dalam penelitian ini adalah PT. HOLCIM INDONESIA, Tbk. Data yang dipakai adalah data sekunder. 
Penelitian  ini  menggunakan  time  series  (per  kuartal)  selama  periode  2007-2011. Metode  yang  digunakan  dalam  pengambilan  data  ini  adalah  metode  pengamatan.  Data tersebut  diolah  dengan  program  SPSS  versi  20  dengan  menggunakan  model  regresi  linier berganda. 
Dari  hasil  penelitian,  diketahui  bahwa  pengaruh  financial  leverage  dan  operating leverage  terhadap  risiko  sistematis  saham  secara  simultan  signifikan.  Pengaruh  financial leverage  terhadap  risiko  sistematis  saham  secara  parsial  signifikan,  namun  pengaruh operating leverage secara parsial tidak signifikan. 
Investor disarankan agar dalam memilih saham terutama saham PT. Holcim, terlebih dulu memperhatikan perkembangan financial leverage dan operating leveragenya. Sehingga keputusan investasi akan lebih menguntungkan. 
Kata Kunci: financial leverage, operating leverage, dan risiko sistematis saham
Penulis: DEASY LESTARY KUSNANDAR
Kode Jurnal: jpmanajemendd130845

Artikel Terkait :