PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D ANOTRUS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract: Penelitian ini
bertujuan mengetahui pengaruh
media 3D Anotrus terhadap
aktivitas dan hasil
belajar siswa. Desain
penelitian menggunakan
pretes-postes tak ekuivalen.
Sampel penelitian siswa
kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih menggunakan metode purposive
sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan
angket tanggapan siswa yang dianalisis
se-cara deskriptif. Data
kuantitatif diperoleh dari
rata-rata nilai tes dianalisis meng-gunakan
uji-t dan uji-U.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil belajar kelas
eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 71,85; kontrol = 54,48). Rata-rata persentase
aktivitas siswa semua
aspek kelas eksperimen
juga menunjukkan peningkatan yang
lebih tinggi (eksperimen
= 78,26; kontrol
= 66,33). Dengan demikian,
penggunaan media 3D
Anotrus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada materi pokok sistem gerak manusia.
Penulis: Ani Aminah, Rini Rita
T. Marpaung, Berti Yolida
Kode Jurnal: jpbiologidd160022