PENGEMBANGAN PERMAINAN GOMOKU SEBAGAI PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SUMBER BELAJAR PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN
Abstract: Permainan Go-Moku
seri dunia tumbuhan adalah salah satu permainan edukatif yang dapat digunakan
untuk sumber belajar siswa dalam mempelajari materi dunia tumbuhan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kelayakan perangakat permainan
Go-Moku sebagai permainan edukatif ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan,
dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
R&D (Research and Development). Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Mei
2014 di Jurusan Biologi, FMIPA, UNESA. Uji coba media dilakukan SMAN 2
Lamongan, tanggal 17 Juni 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas
permainan Go-Moku memperoleh penilaian sebesar 93.40% (sangat layak),
persentase kepraktisan permainan Go-Moku sebesar 91.52% (sangat baik) ditinjau
dari pengamatan keterlaksanaan permainan Go-Moku. Persentase keefektifan
permainan Go-Moku berdasarkan hasil belajar keterampilan kognitif siswa sebesar
75% (baik), hasil belajar keterampilan sosial sebesar 89% (sangat baik), dan
pemerolehan respon positif dari siswa sebesar 87.5% (sangat baik). Simpulan
penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Go-Moku sebagai permainan edukatif
untuk sumber belajar pada materi dunia tumbuhan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan,
Permainan Go-Moku, Permainan Edukatif, Sumber Belajar, Materi Dunia Tumbuhan
Penulis: YUSTIKA AULIA RAHMA,
WISANTI, ISNAWATI
Kode Jurnal: jpbiologidd140810