PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA NAMA SENYAWA DI KELAS X SMA
Abstract: Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas permainan
tradisional Jamuran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada Tata Nama
Senyawa. Kelayakan tersebut ditinjau dari beberapa kriteria yaitu kriteria
kesesuaian materi, kejelasan media, persyaratan permainan pendidikan,
kebahasaan. Sedangkan efektivitas tersebut, ditunjukkan dari hasil observasi
aktifitas siswa dan respon siswa, serta hasil belajar. Jenis Penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (R&D) dan untuk pemilihan media menggunakan ASSURE.
Penelitian dan pengembangan permainan Jamuran dilakukan melalui dua tahap
penelitian yaitu: tahap studi pendahuluan dan tahap studi pengembangan.
Sehingga didapatkan draft rancangan yang selanjutnya direvisi, divalidasi dan
diujicobakan ditahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan
Jamuran pada bahasan Tata Nama Senyawa layak dan efektif untuk digunakan
sebagai media pembelajaran. Kelayakan tersebut, ditunjukan dari hasil
persentase penilaian rata-rata sebesar 85% berdasarkan kriteria kesesuaian
materi, penyajian, persyaratan permainan pendidikan dan kebahasaaan. Sedangkan
efektivitas permainan tersebut, ditunjukkan dari hasil observasi aktifitas
siswa persentase rata-rata sebesar 91,25% dan didukung data hasil angket respon
siswa dengan persentase yang didapatkan sebesar 97,1%, serta terdapat
peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 45%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan Jamuran layak &
efektif digunakan sebagai media pembelajaran Tata Nama Senyawa di kelas X SMA.
Penulis: INDAH SUSI SUSANTI,
ACHMAD LUTFI
Kode Jurnal: jpkimiadd140580