IMPLEMENTASI PBL BERBANTUAN MEDIA GRAFIS DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA SD

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Negeri 21 Dangin Puri tahun ajaran 2015/2016 melalui implementasi model problem based learning berbantuan media grafis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 21 Dangin Puri yang berjumlah 31 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian.
Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 77.97% tergolong kriteria cukup aktif dan pada siklus II adalah 82.58% tergolong kriteria aktif. Dengan demikian, persentase rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 4.61%. Selanjutnya, penguasaan kompetensi pengetahuan matematika pada siklus I adalah 9,68% (3 siswa) dari 31 siswa memperoleh skor ≥ 3,18 (B+) dan pada siklus II adalah 74,19% (23 siswa) dari 31 siswa memperoleh skor ≥ 3,18 (B+). Ini menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi pengetahuan matematika meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 64,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem based learning berbantuan media grafis dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Negeri 21 Dangin Puri tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: keaktifan, kompetensi pengetahuan matematika, media grafis, problem based learning
Penulis: Ni Putu Juni Antari ., Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. ., Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke
Kode Jurnal: jppaudsddd160537

Artikel Terkait :