MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERPENGARUH TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS IV
Abstract: Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan Penguasaan kompetensi
pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model
pembelajaran Role Playing Berbasis pendekatan saintifik dengan kelompok siswa
yang dibelajarkan melalui Pendekatan Saintifik pada siswa kelas IV SD Gugus
Moch Hatta Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu
dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design.
Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 5 Panjer sebagai kelompok eksperimen
dan kelas IV SD Negeri 1 Panjer sebagai kelompok control, dengan jumlah
masing-masing kelompok sebanyak 45 siswa pada kelompok ekperimen dan 48 orang
siswa pada kelompok kontrol. Data Penguasaan kompetensi Pengetahuan IPS
dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif berjumlah 23 butir tes yang
telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan
penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan
melalui model pembelajaran Role Playing Berbasis pendekatan saintifik dengan
kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik pada kelas IV SD
Gugus Moch Hatta Denpasar Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil
thitung= 4,72 > ttabel = 2,000. Rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPS
siswa kelompok eskperimen = 82,98 > = 76,50 kelompok kontrol. Dapat disimpulkan
model pembelajaran Role Playing berbasis pendekatan saintifik berpengaruh
terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Moch
Hatta Denpasar Selatan
Penulis: I Wayan Adiwiguna .,
Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. ., Ida Bagus Gede Surya Abadi, SE., M.Pd
Kode Jurnal: jppaudsddd160548