PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII-A
Abstract: Pemahaman siswa yang
kurang terhadap pentingnya menanamkan perilaku asertif dalam kehidupan
sehari-hari membuat siswa tidak dapat mengekspresikan perasaan dan keinginan
yang ada dalam diri mereka masing-masing. Salah satu upaya yang telah dilakukan
guru BK untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku asertif adalah
melaksanakan layanan informasi melalui metode ceramah klasikal saja namun hasil
yang diperoleh belum cukup baik. Salah satu cara untuk menciptakan suasana
nyaman, tidak membosankan dan menyenangkan dalam bimbingan adalah dengan
bermain. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat menarik minat dan
mengaktifkan semua siswa. Media tersebut adalah permainan monopoli.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli untuk meningkatkan
pemahaman tentang perilaku asertif pada siswa kelas VIII A. Hasil akhir dari
penelitian ini adalah seperangkat permainan monopoli untuk meningkatkan
pemahaman tentang perilaku asertif siswa kelas VIII A.
Hasil uji kevalidan permainan oleh ahli media sebesar 93% dengan
keterangan valid. Data hasil uji kevalidan permainan oleh ahli materi sebesar
92% keterangan valid. Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk,
dapat disimpulkan bahwa permainan tersebut masuk dalam kriteria valid sehingga
layak digunakan. Jadi penggunaan permainan ini cukup efektif untuk meningkatkan
pemahaman tentang perilaku asertif siswa kelas VIII A.
Penulis: RIFANI SUCI ELFARINI,
ELISABETH CHRISTIANA
Kode Jurnal: jpbkdd130449