PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LINGKARAN AKSI ASERTIF PADA SISWA SMP NEGERI 1 SIDAYU

ABSTRAK: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan permainan lingkaran  aksi  asertif  untuk  menangani masalah perilaku asertif khususnya dalam pemahaman perilaku asertif pada siswa SMPN 1 Sidayu.  Hasil akhir dari kegiatan  ini adalah permainan  lingkaran  aksi untuk  meningkatkan pemahaman perilaku  asertif pada  siswa  SMP,  yang  berupa  seperangkat  permainan  yang  terdiri  dari  (1)  papan  permainan,  (2)  buku petunjuk penggunaan, (3) kartu aksi, (4)  lembar reward, (5) poin reward, (6) tempat penyimpanan  kartu, (7)  tempat  penyimpanan  poin  reward,  (8)  tempat  penyimpanan  permainan  lingkaran  aksi,  (9)  modul materi  pemahaman  perilaku  asertif.  Hasil  uji  kevalidan permainan oleh  ahli materi  sebesar  89%  dengan keterangan  valid.  Data  hasil  uji  kevalidan permainan  oleh  ahli  media  sebesar  85  %  keterangan  valid  dan hasil  uji  kevalidan  permainan  oleh  calon  pengguna  produk  sebesar  90,1  %  keterangan  valid.Secara keseluruhan  berdasarkan  kriteria  kelayakan  produk,  dapat  disimpulkan  bahwa permainan tersebut  masuk dalam kategori  baik dan  layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku asertif siswa SMP.
Kata Kunci: permainan lingkaran aksi, pemahaman perilaku asertif
Penulis: Ria Devi Andriyani
Kode Jurnal: jpbkdd130477

Artikel Terkait :