ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN KHAS PULAU INDONESIA BERBASIS ANDROID PADA TK KUPU-KUPU MUNGIL BEKASI
Abstrak: Konsentrasi
anak-anak TK yang
sangat minim dibandingkan orang
dewasa membuat guru harus ekstra dalam penyampaian materi pada proses belajar
mengajar karena anak-anak mudah bosan dengan media buku. Banyaknya jenis dan konsep yang
harus diserap serta
proses pembelajaran yang digunakan masih
bersifat klasikal menyebabkan
anak-anak kurang memahami dan guru harus seringkali mengulangi materi pembelajaran. Pengajaran
dengan metode ceramah
dan kurangnya alat peraga
membuat anak-anak kurang
tertarik untuk belajar. Metode yang digunakan untuk menyampaikan informasi salah
satunya melalui multimedia
pembelajaran berbasis android dengan analisa kebutuhan sistem, desain,
code generation, testing, support. Tujuan dari sistem pembelajaran ini adalah untuk
membantu anak-anak TK
mempelajari keanekaragaman hewan khas pada sebuah pulau di
Indonesia. Isi yang disampaikan merupakan materi-materi
yang sederhana. Terdapat juga kuis
latihan soal untuk menguji
pemahaman anak-anak tentang materi
ini dan juga
permainan untuk memberikan hiburan
dalam belajar. Selain
itu multimedia pembelajaran
berbasis android ini juga dapat membantu guru menyampaikan materi pengenalan
hewan dengan lebih mudah. Mempelajari hewan khas pulau di Indonesia perlu
adanya cara atau strategi yang dapat memudahkan anak-anak dalam belajar. Untuk
menarik perhatian, perlu diciptakan situasi kelas yang membuat anak-anak
termotivasi untuk belajar.
Salah satu caranya adalah dengan
penggunaan alat bantu mengajar atau media ketika guru mengajar. Kemajuan
teknologi yang pesat, khususnya
teknologi informasi mendorong
manusia untuk mengembangkan media
pembelajaran yang dapat
digunakan kapanpun dan dimanapun.
Penulis: Septi Eka Hardyana,
Herlawati
Kode Jurnal: jptkomputerdd160090