Fitur Length Of Edge Dan Moment Invarian Untuk Gesture Recognition Dengan Menggunakan Kinect Untuk Kontrol Lampu
Abstrak: Teknologi Kinect
adalah teknologi yang dikembangkan untuk game. Kinect memungkinkan pemain game
mengontrol permainan dengan menggunakan gerakan dan suara. Hal ini dikarenakan
di dalam Kinect terdapat 3 hardware yang bekerja bersama-sama. Tiga hardware
tersebut yaitu color VGA video camera, sensor kedalaman, dan multi array
microphones. Karena itu, penelitian ini mencoba mengembangkan sensor Kinect
untuk keperluan mendeteksi telapak tangan dan gesturnya untuk digunakan sebagai
kontrol lampu. Hal ini dilakukan dengan menambahkan beberapa proses pengolahan
citra. Pengenalan telapak tangan, menggunakan sensor VGA camera dan depth
camera dalam Kinect. Ketika seorang pengguna menjulurkan tangannya kearah
sensor, kemudian mengangkat jarinya maka program akan bereaksi. Jika 2 jari
yang diangkat maka program akan mengaktifkan saklar padam. Sedangkan jika 5
jari yang diangkat, maka program akan mengaktifkan saklar hidup. Dalam
penelitian ini ada 2 fitur yang digunakan dan dibandingkan hasilnya. Fitur yang
digunakan adalah fitur Moment Invariant dan Length of Edge. Hasil lebih baik
diberikan jika pengenalan dilakukan dengan menggunakan Length of Edge. Dari
seluruh data uji yang dipakai, untuk pengenalan dengan menggunakan fitur Length
of Edge, akurasi maksimal diperoleh sebesar 100%, sedangkan dengan menggunakan fitur Moment Invariant,
akurasi maksimal diperoleh sebesar 80%.
Penulis: Rekyan Regasari MP, Budi
Darma Setiawan, Issa Arwani
Kode Jurnal: jptinformatikadd150559