PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN AKSARA JAWA PADA ANAK
Abstrak: Dunia pendidikan
merupakan pondasi untuk mencerdaskan generasi penerus dituntut mengikuti
perkembangan Teknologi Informasi (TI), namun pada kenyataannya masih banyak
guru yang belum mengubah dan berinovasi dengan memanfaatkan TI kedalam metode
pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan, banyak anak menganggap aksara Jawa
sulit dipelajari lafal maupun bentuknya, hal ini dikarenakan guru mengalami
kesulitan untuk menjelaskan tentang pengenalan aksara Jawa khususnya tiga
dimensi dikarenakan materi aksara Jawa membutuhkan kemampuan visualisasi yang
relatif tinggi. Teknologi Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang
menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan
nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam
lingkungan nyata. Tujuan penelitian ini adalah membuat katalog pembelajaran
dengan memanfaatkan Teknologi AR untuk Aksara Jawa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Microsoft Solution Framework
(MSF) dengan metode pengembangan sistem waterfall dan metode Object Oriented
Develompment (OOD) untuk metode pendekatannya. Tahapan pada penelitian ini
antara lain identifikasi masalah, perencanaan awal, desain dan perancangan, uji
coba dan implementasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah AR dapat menampilkan suatu objek Aksara
Jawa ke dalam bentuk tiga dimensi sederhana yang dapat dilihat secara
menyeluruh dan dapat dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran dan
pembuatan marker yang dibentuk dalam katalog lebih menarik daripada hanya
marker hitam putih.
Kata Kunci:
Augmented Reality, Microsoft
Solution Framework, Aksara
Jawa, Multimedia,Waterfall dan Object Oriented Development
Penulis: Setia Wardani
Kode Jurnal: jptinformatikadd150405