PENERAPAN ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN MATH MAZE
Abstract: Permainan Math Maze
merupakan game sederhana yang bertujuan
menentukan jalur yang tepat
untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan. Permainan
ini hampir sama dengan permainan labirin (Maze) biasa. Perbedaannya adalah pada
Math Maze kita harus menemukan jalur pada labirin dengan menggunakan
angka-angka pada bagian sisi kiri dan sisi atas sebagai indikasi berapa banyak
kotak yang dilewati untuk tiap baris atau tiap kolom dan tidak menggunakan tembok
penghalang seperti pada labirin biasa.
Pada penelitian ini akan dilakukan proses untuk membuat Papan Permainan
Math Maze yang bisa dimainkan oleh pemakai dengan menerapkan algoritma
Backtracking. Proses Pembuatan papan permainan Math maze itu terdiri dari
beberapa langkah yaitu proses Pembangkitan sebuah maze, pencarian solusi dari
maze yang sudah di bangkitkan, dan membuat papan permainan Math Maze baru
dengan Memanfaatkan maze yang sudah di ketahui solusinya. Papan Permainan Math
Maze dengan menerapkan algoritma backtracking dapat menghasilkan 1 solusi untuk
setiap problem yang dibangkitkan dan
maze yang dihasilkan dengan algoritma backtracking akan menghasilkan
maze yang tidak memiliki loop dan ruang terbuang.
Penulis: Teneng, Joko Purwadi,
Erick Kurniawan
Kode Jurnal: jptinformatikadd100260