PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN BERBASIS ANDROID
Abstrak: Augmented reality
(AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan benda nyata dan virtual
yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar. Augmented
reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja berdasarkan deteksi citra
atau gambar dan biasa disebut marker, dengan
menggunakan kamera smartphone
kemudian mendeteksi marker yang telah di dicetak. Augmented reality banyak
digunakan diberbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada
bidang pendidikan augmented
reality digunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi
augmented reality ini dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran anatomi
manusia salah satunya adalah sistem pencernaan. Penggunaan teknologi augmented
reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa organ dalam pencernaan manusia
secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan marker. Marker yang
dideteksi oleh kamera pada smartphone android akan menampilkan objek 3D sistem pencernaan,
sehingga pengguna aplikasi dapat mengamati bagaimana bentuk organ-organ sistem
pencernaan secara realtime. Pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakan oftware
Unity 3D dan Blender.
Penulis: Feby Zulham Adami,
Cahyani Budihartanti
Kode Jurnal: jptkomputerdd160119